Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Koncocetak)

Dilla Dienul Haq, Mulyo Budi Setiawan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Koncocetak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli produk di Koncocetak, peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh menggunakan kuesioner sedangkan data sekunder dengan menggunakan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima yaitu 1) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 3) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 4) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 5) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.
Abstract
The aim of this research is to know the effect of service quality and price perceptions on customer satisfaction and loyalty on Koncocetak customers. The population in this study were customers who had bought products at Koncocetak, the researchers took a sample of 100 respondents using purposive sampling technique. Primary data was obtained using a questionnaire while secondary data was obtained by using a literature study. This research uses path analysis technique with the help of SPSS version 20 program. The result of the research shows that all hypotheses are accepted, 1) price perceptions had positive and significant effect on satisfactions, 2) service quality had positive and significant effect on satisfaction, 3) price perceptions had positive and significant effect on customer loyalty, 4) service quality had positive and significant effect on customer loyalty, 5) satisfaction had positive and significant effect on customer loyalty.

Keywords: price perceptions, service quality, satisfaction, customer loyalty.

Full Text:

Download PDF

References


Adnyana, D. G. A., & Suprapti, N. W. S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Gojek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 7(11): 6041.

A. Parasuraman (dalam Marketing Management, 15th Edition by Philip Kotler, Kevin Lane Keller).

Ardianto, E. L. (2017). Komunikasi Massa Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Astuti, W. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Sepatu Bersih Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Dewi, K. A. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1): 43-55.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Handoko, B. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(1).

Hayani, H. 2020. Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. Journal of Management and Bussines (JOMB). 2(2): 133-141

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

(uji asumsi klasik).

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11):5955.

Kharis, I. F. 2011. Studi Mengenai Impulsive Buying dalam Penjualan. Online (Studi Kasus di Lingkungan Universitas Diponegoro. Semarang).

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan brand image terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(2): 147-151.

Maimunah, S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. iqtishadEQUITY, 1(2).

Mardapi Djemari, 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha.

Mawarti, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi pada Pelanggan Pulang Coffeeshop Semarang. Skripsi Manajemen Ekonomi dan Bisnis.

Montung, P. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 15(5).

Muharam, W., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.

Nastiti, A., & Astuti, S. R. T. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management. 126-136.

Nur, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan pada PT. PUTRA SUMBER ABADI (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Nugraha, M., & Sumadi, S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. 11(2): 97-102.

Prasetio, A. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal.1(1).

Sekaran, Uma, (2006), Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 2 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran-Bougie. (2013). Research methods for business: a skill-building approach – 6th ed. West Sussex, UK: John Wiley & Sons Ltd.

Sembiring, I. J. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mcdonald's Mt. haryono Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Sianipar, G. J. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online: Studi Pada Pelanggan GrabBike di Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 183-196

Sigit, K. N., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan dan Perbankan. 21(1):157-168.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru.

Sumawardani, S., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan yang Berdampak pada Peningkatan Penjualan di Percetakan Teaching Factory Gradasi Semarang. Journal of Management. 2(2).

Sutanto, K. 2020. KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN PEMILIK PERCETAKAN DI KOTA SEMARANG (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Takdir Rahmadi, 2011, Penyelesaian Sengketa Melalui Pendekatan. Mufakat, Rajawali Pers, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.

Wiedyani, A. H., & Prabowo, R. E. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Muria Jurusan Semarang Tawang-Jakarta Gambir.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics