Efektivitas Penerapan Strategi Viral Marketing Dalam Pembentukan Keputusan Pembelian Konsumen

Galuh Puspaningrum, Ignatius Hari Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi Viral Marketing dalam pembentukan keputusan pembelian konsumen. Variabel independen terdiri atas Viral Marketing dalam Messanger, Message, dan Environment. Variabel dependen adalah keputusan pembelian Warung Mie Gacoan di Semarang. Sampel berjumlah 109 responden diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan metode judgement sampling. Analisis yang digunakan diantaranya uji validitas yang hasilnya adalah lebih dari 0,5 yang artinya penelitian ini valid. Uji reliabilitas hasilnya yaitu bahwa semua konstruk dalam penelitian ini memenuhi kriteria reliabel, hal ini dilihat dari nilai composite reliability diatas 0,70, nilai cronbachs alpha diatas 0,60 yang artinya dapat diterima atau konstruk dapat dikatakan reliabel, nilai AVE diatas 0,50 maka konstruk tersebut dikatakan dapat diterima, dan hasil dari pengujian analisis jalur menunjukkan hasil yang signifikan.

Kata Kunci: Viral Marketing, keputusan pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Abdillah, W., Hartono, J., & Prabantini, D. (2015). Partial Least Square (PLS) : alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Andi.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Fiorentina, A. (2018). Pengaruh viral marketing dalam dimensi messenger, message dan environment terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(2), 99–108. https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB

Gunawan, D. D., & Huarng, K.-H. (2015). Viral effects of social network and media on consumers’ purchase intention. Journal of Business Research, 68(11), 2237–2241. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.06.004

Huang, Y., Lv, Q., & Lin, J. (2021). Media Influence and the Willingness to Buy Intangible Cultural Heritage Products: A Moderated Mediator Model. Discrete Dynamics in Nature and Society, 2021, 1–12. https://doi.org/10.1155/2021/4664998

Kadambinikatke, & N A, P. (2016). Social Media Network for Effective Marketing Communication- A Special Reference to Viral Marketing. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(11), 241–243. http://www.pewinternet.org/2015/04/09/teens-social-

Konuk, F. A. (2021). Feeling guilty and willingness to buy organic food: the moderating role of motherhood. Baltic Journal of Management, 16(5), 699–711. https://doi.org/10.1108/BJM-12-2020-0465

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Rumah ( Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang ). TEMA Vol 6 Edisi 2, September 2009 Hal 159 ‐ 169, 1–23.

Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260

Mostafa, R. H. A., & Elseidi, R. I. (2018). Factors affecting consumers’ willingness to buy private label brands (PLBs). Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(3), 338–358. https://doi.org/10.1108/SJME-07-2018-0034

Narayanam, R., & Nanavati, A. A. (2014). Design of viral marketing strategies for product cross-sell through social networks. Knowledge and Information Systems, 39(3), 609–641. https://doi.org/10.1007/s10115-013-0630-1

Pintauli, S. (2010). Analisis Hubungan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD dan SMP di Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(4), 376–390. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i4.469

Pratama, C. A. Z., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33406

Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK SHOPEE MELALUI CELEBRITY ENDORSER. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480

Rao P, V., Kumar C, V. N. S., J, D., Vardhan B, R. H., Yadav G, T. R. M., & Krishna K, V. (2022). Customer attitude towards digital marketing: a structural snapshot on viral marketing. Academy of Marketing Studies Journal, 26(3), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/361943609

Riyanti, E., & Saptarini, R. (2009). Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Perubahan Perilaku Anak. MIKGI Majalah Ilmu Kedokteran Gigi Indonesia: Vol. 11 No. 1, 11(1).

Sarwono, J. (2011). MENGENAL PATH ANALYSIS: SEJARAH, PENGERTIAN DAN APLIKASI. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11(2), 285–296.

Setiyana, Y., & Widyasari, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, ekuitas merek dan gaya hidup terhadap proses keputusan pembelian produk honda vario. Jurnal Prosiding Sendi, 476–483.

Situmorang, J. R. (2010). Pemasaran Viral – Viral Marketing. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 6(1), 63–75.

Soliha, W. M. & E. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Syafaah, N., & Santoso, I. H. (2022). Fear of Missing Out dan Korean Wave : Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 405–414. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.239

Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis (2th ed.). Jakarta: Rajawali pers.

Wahyudi, R., & Syah, N. (n.d.). HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DENGAN KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (Vol. 6, Issue 1).

Wiludjeng, S., & Nurlela, T. S. (2013). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT “X.” Proceeding Seminar Nasional Dan Call For Papers Sancall 2023, 51–59. www.internetworldstats.com

Wu, Q., & Zhao, S. (2021). Determinants of Consumers’ Willingness to Buy Counterfeit Luxury Products: An Empirical Test of Linear and Inverted U-Shaped Relationship. Sustainability, 13(3), 1194. https://doi.org/10.3390/su13031194




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics