Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable

Cindy Sri Hayati, Ratih Hasanah Sudradjat

Abstract


Abstrak
Aishable merupakan salah satu brand fashion lokal yang saat ini sedang naik daun dan digemari banyak wanita Indonesia. Terletak di Cirebon, Jawa Barat, wilayah pemasaran produk Aishable kini telah meliputi seluruh Indonesia. Selain harganya yang bersaing dan cukup terjangkau, kualitas produk Aishable terbilang unggul bahkan dapat menyaingi kualitas produk fashion impor. Kini, Aishable sedang menjalankan sistem pemasaran digital via platform Tiktok untuk meningkatkan brand awarenessnya. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi Pustaka. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu dengan metode triangulasi.

Kata Kunci: Brand awareness, Digital Marketing, TikTok

Full Text:

Download PDF

References


Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra

Fauzi, Viny Putri. 2016. Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. Volume 3. Nomor 1.

Goodstats. (2022). Daftar Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022. Goodstats.id https://goodstats.id/infographic/media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-JpfD1#:~:text=digunakan%20oleh%20masyarakat.-,Merilis%20data%20data%20dari%20We%20Are%20Social%2C%20platform%20media%20sosial,Facebook%2C%20TikTok%2C%20dan%20Telegram.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Halim, F., Sherlu, M., Sudirman, A. (2020). Marketing dan Media Sosial. (n.p.): Media Sains Indonesia.

Hasiholan, dkk. 2020. Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia Untuk Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19. Jurnal Kalian Komunikasi Vol 4 No.1 page 59-72

Isoraite, M. 2016. Raising Brand Awareness Through the Internet Marketing Tools. Independent Journal of Management & Production. 7(2), page 320-339

Latif, Wasib B., Islam, Md. Aminul., Noor, Idris Mohd. 2014. Building Brand Awareness in the Modern Marketing Environment: A Conceptual Model. Internation Journal of Business and Technopareneurship Vol.4 N0. 1 page 69-82

Mahdi, Ivan. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diakses dari dataindonesia.id https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. Pada 16 Juli 2022

Manshur, Muhammad Iqbal. 2020. Peran Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Busana Hijab Syar’i. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. Volume 4. Nomor 2.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Nadhiro. 2019. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Followers Instagram Warunk Upnormal. Jurnal Commercium. Volume 2. Nomor 2.

Nasrullah, R. 2016. Media Sosial Prespektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknoogi Cetakan kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nasution .2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nusantara, Cyptaning Ajie. 2021. Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Oktaviani, F. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal PRofesi Humas Vol.3 No.1

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitatove Research and Evaluation Methods. USA: Sage Publicatin Inc.

Pertiwi, Dewanti dan Henni Gusfa. 2018. Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute. Jurnal Media Komunikasi Vol.8 No.2

Pertiwi, W.K. 2021. Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua “Online” dari Ponsel. Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097/pengguna-internet-indonesia-tembus-200-juta-hampir-semua-online-dari-ponsel

Ridwan, dkk. 2017. Peran Media Sosial Twitter Terhadap Brand Awareness Pada Perusahaan Penerbangan Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, Vol. 3 No.2

Rizaty, M. 2022. Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. Diakses dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia. Pada 16 Juli 2022

Sadat, M. A. (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics