Analisis Relasi Kerja dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Buku Catatan Hati di Tanah Suci dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening

Bramma Aji Putra

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mampu menjawab kurang maksimalnya penjualan dan strategi penjualan buku melalui media sosial serta motivasi untuk berangkat haji dari target konsumen yang tidak sebanding dengan kemauan membeli buku tentang haji. Populasi yang diambil adalah para pembeli buku Catatan Hati di Tanah Suci yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pegawai, guru, maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Guru Tidak Tetap (GTT) di lingkungan Kementerian Agama RI maupun Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Jawaban yang diberikan oleh responden kemudian diberi skor dengan mengacu pada skala Likert. Hasil penelitian ini mengungkap relasi kerja berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedang sosial media marketing tidak berpengaruh secara signfikan terhadap keputusan pembelian buku Catatan hati di Tanah Suci. Selain itu terdapat pengaruh mediasi dari motivasi untuk relasi kerja terhadap keputusan pembelian buku dan tidak terdapat pengaruh mediasi dari motivasi untuk sosial media marketing terhadap keputusan pembelian buku.
Kata Kunci: Relasi Kerja; Sosial Media Marketing, Motivasi; dan Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad, E. H. et al. (2018) “Relationship of Work Stress to the Performance of Intensive Care Unit Nurses in Makassar”, American Journal of Public Health Research, 6(1), pp. 18–20. doi: 10.12691/ajphr-6-1-4.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

_____, & Fauzi, Achmad. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks. Administrasi Bisnis, 58(1), hal. 190–199.

Musdalifah & Nadjib, Muhammad. (2017). Analisis Hubungan Kerja Struktural, Fungsional dan Sinergitas Antara Bagian Humas dan Protokol dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, dalam Penyebaran Informasi di Kabupaten Soppeng”. KAREBA: Jurnal Komunikasi KAREBA Vol.6 No.1 Januari – Juni.

Saputra, Andri dkk (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kraywan Badan Pusat Statistik (BPS) kota Padang. Journal Of economic and Economic Education.

Saragih, Liharman & Tarigan, Wico J. (2020). Keputusan Pembelian On-Line Melalui Sosial Media Pemasaran Usaha Mikro dan Kecil: Sebuah Pendekatan Literatur. Manajemen: Jurnal Ekonomi Vol. 2 No. 1, hal. 85-92.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprihati & Utami, Wikan Budi. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku

Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01, Februari - Juli.

Suwatno & Priansa, Donni Juni. (2014). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Wiyono, Gendro. (2014). Merancang Penelitian Bisnis: SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 . Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics