Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Olahraga NIKE (Studi Pada Pengguna Sepatu Olahraga NIKE di Kota Kendal)

Riska Okhtavia, Mulyo Budi Setiawan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini di maksudkan untuk menganalisis variabel bebas (kualitas produk, citra merek dan inovasi produk) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) pada sepatu olahraga NIKE di Kota Kendal. Dalam penelitian ini membutuhkan responden yang membeli sekaligus menggunakan produk sepatu olahraga NIKE yang berada di Kota Kendal. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan umur minimal 17 tahun. Purposive sampling adalah metode yang di pakai dalam penelitian ini dengan menggunakan beberapa kriteria yang ditentukan peneliti. Adapun metode analisis data yang di pakai pada observasi ini adalah analisis regresi berganda, uji validitas menggunakan loading factor, uji reliabilitas menggunakan crobach alpha, koefisien determinasi, uji simultan, uji hipotesis (uji-t) yang di olah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel bebas (kualitas produk, citra merek dan inovasi produk) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian.
Abstract
The purpose of this observation is to research the independent variables (product quality, brand image and product innovation) at the dependent variable (purchase decisions) for NIKE sports shoes products in Kendal City. This Observation requires respondents who buy and use NIKE sports shoes in Kendal City at the same time. The sample in this observation amounted to 100 respondents with a minimum age of 17 years. Purposive sampling is the method used in this observation. The statistic research approach used in this observation is a couple of regression evaluation, validity test using loading factor, reliablity test using cronbach alpha, coefficient of determination, simultaneous test, hypothesis testing (t-test) which is processed with the SPSS application. The results of this observation show that the independent variables (product quality, brand image and product innovation) have a positive and significant effect on the dependent variable (purchase decision).
Keywords: Quality Product, Brand Image, Product Innovation, Purchase Decision.

Full Text:

Download PDF

References


Abdul, Rahayu. & Agus Supandi Soegoto Djurwati Soepeno. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. 6(4): 3553-62

Almira, A., & Sutanto, J.E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(02)

Al Rasyid, H., & Indah, A.T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39-49

Amin, A.M., & Johansen, J. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Kopi Kapal Api Di Kota Pekanbaru. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi,, 3(1), 89-107

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96-107

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, Dan Strategi. 2th Edition. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada

C, Olson, Jerry. & J. Paul, Petter. (2015). Consumer Behaviour And Marketing Strategic. 8th Edition. Boston: Mcgraw-Hill. Alih Bahasa: Diah Tantri Dwi Andani. Jakarta: Penerbit Erlangga

Dharmesta, Basu Swasta & Handoko, T. Hani. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. 1th Edition. Yogyakarta: Penerbit BPFE

D, Prasetyo, Bambang dkk. (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: Penerbit UB Press

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 9th Edition. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud. Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37-53

Kanuk, Schiffman. (2016). Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek. Jakarta: Penertbit PT. Indeks

Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing. 11th Edition. Prentice Halllnternational inc. New Jersey: Person

Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing. 7th Edition. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Kotler, Philip. & Kevin, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. 12th Edition: PT. Macanan Jaya Cemerlang

Kotler, Philip. & Kevin, K.L. (2016). A Framework For Marketing Management. United State Of America: Person.

Kotler, Philip. & Keller. K.L. (2017). Manajemen Pemasaran. 1th Edition. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Mendur, M. E., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. 9(3), 1077-1086

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang).. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3)

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembeliab Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi di Kota Semarang). Solusi, 18(4)

Rachman, T. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS Di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 48-52

Simmamora, Henry. (2014). Manajemen Pemasaran Internasional. 1th Edition. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2th Edition. Bandung: Penerbit C.V. Alfabeta

Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran: Prinsip Dan Penerapan. 4th Edition. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Tjiptono, Fandi. (2016). Pemasaran Strategik. 3th Edition. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Wahyudi, F., Agus Sumantri, B. A. M. B. A. N. G., & Ratnanto, S. (2020). Analisis Kualitas Produk, Harga, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepakbola Specs (Studi kasus pada PS. Ngronggo Putra Kota Kediri) (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI)




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics