Dampak Demurrage Terhadap Penjualan Ekspor di PT Semen Tonasa

Zulhajriani Nur, Rahman Kadir, Muhammad Toaha

Abstract


Abstrak
PT Semen Tonasa merupakan salah satu perusahaan yang memiliki pelabuhan khusus di Pangkep, Sulawesi Selatan. Pelabuhan khusus ini dapat menunjang kegiatan bongkar muat dengan memiliki 2 (dua) dermaga. Namun dalam kegiatan ini masih menimbulkan demurrage yang harus dibayarkan dari shipper ke ship owner karena telah melebihi batas waktu pemuatan di kapal sehingga perlu dilakukan perbaikan sistem dan koordinasi dengan unit terkait. Penelitian ini menganalisis kelancaran supply produk dari suatu industri tentunya dengan dukungan dari berbagai unit kerja dalam perusahaan dan vendor di luar perusahaan sehingga proses pemuatan dapat berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif terbaik sebagai upaya penurunan biaya demurrage dengan metode aplikasi Port Management System SIGMA (Semen Indonesia Group Maritime Analytics). Fasilitas alat telah tersedia di pelabuhan namun untuk menunjang itu semua perlu dibuatkan sistem atau aplikasi agar kapal ekspor dan domestik yang akan muat bisa lebih teratur dan termonitor di sistem dengan baik dan tentunya sesuai dengan target kami adalah zero demurrage. Adapun hasil dari sistem yang baru berjalan telah kami monitor dan sudah sesuai dengan harapan tentunya peran dari semua unit kerja yang terkait mulai dari Produksi, Supply Chain, Infrastruktur dan Sales akan menentukan hasil yang terbaik.
Kata kunci : Supply Chain, Demurrage, Aplikasi SIGMA

Full Text:

Download PDF

References


Asosiasi Semen Indonesia, 2016. Indonesia Cement Statistic, Published by Indonesia Cement Association, Jakarta.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ariani, Dorothea Wahyu.2014. Modul Manajemen Operasi Jasa. Universitas Atmajaya

Yogyakarta. Yogyakarta. Di akses tanggal 22 Agustus 2016. Website

http://www.slideshare.net/k_tarou/bmp-ekma4369

A.K.Erlang. 2011. “Sejarah Teory Antrian” dalam modul manajemen operasional. Jakarta.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta: Liberty Offset.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

David Fred R., 2012. Manajemen Strategis, Buku Pertama, Edisi Kedua belas, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Fretes, R. A. De, Purnomo, B., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 109–118.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

Hani Handoko, 2005. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE

Yogyakarta

Http://sigma.sig.id

Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R. (2003). Konsep Manajemen Supply Chain, Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: Grassindo.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

Lisva, A. (2017). Pengembangan Model Simulasi Diskrit untuk Menurunkan Demurrage Cost di Pelabuhan Khusus Minyak dan Gas. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Laudon, K.C. dan Laudon, J.P. 2004. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Edisi Kedelapan. Diterjemahkan oleh Erwin Philippus. Yogyakarta: Andi.

McCarthy, Jerome, E.; Perreault, William D, 2003. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi kelima, alih Bahasa: Agus Darma. Jakarta: Erlangga.

Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawathi. Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya, 2010.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rizal, M. H. (2015). Simulasi Proses Pemuatan Kapal di Pelabuhan PT. Wina Gresik dengan Tujuan Mengurangi Demurrage. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Setyorini, H. & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno-Hatta Malang). Jurnal Tekhnologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

Schofield, J. (2011). Laytime and Demurrage Sixth Edition. London: Taylor & Francis Ltd. Kotler, Philip. (1987). Dasar-dasar pemasaran (3 rd ed). Jakarta: CV Intermedia.

Kotler, Philip. (1996). Marketing management (7th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran, edisi millennium, Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Kotler, P., dan G, Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Swastha, Basu. (1984). Manajemen pemasaran (3rd ed). Jakarta: Erlangga

Stringer, Robert. 2002. Leadership and Organizational Climate: The Cloud Chamber Effect. New Jersey: Prentice Hall

Triatmodjo, B. (2009). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset.

(2008). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Winardi, Ilmu Dan Seni Menjual, (Bandung: Nova, 1998), hal. 30.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics