Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung

Ellyne Annida Pramesti, Aditya Wardhana

Abstract


Abstrak
Kemajuan produk perawatan gigi dan mulut di Indonesia saat ini semakin pesat karena tingginya pemahaman orang-orang pada perawatan kesehatan gigi dan mulut, sehingga mendorong produsen untuk melepas produk andalannya. Pembuat seharusnya memiliki opsi untuk meningkatkan penawaran melalui minat beli pada barang mereka, ada beberapa cara yang dapat dilakukan pembuat untuk menarik pertimbangan pembeli mereka. Organisasi harus memiliki imajinasi dan kemajuan sehingga barang-barang ini dapat diingat secara efektif dalam kepribadian pembeli dengan berfokus pada sifat barang mereka. Pada riset ini penulis ingin mengetahui brand image dan kualitas produk memengaruhi pada minat pembelian produk Pepsodent di kota Bandung. Pada riset ini penulis memakai metode penelitian kuantitatif dan menggunakan kategori penelitian deskriptif. Teknik sampling yang dipakai penulis pada hasil riset ini yaitu teknik Non-Probability Sampling kategori Purposive Sampling. Responden hasil riset ini adalah 100 penduduk di Kota Bandung yang menggunakan produk Pepsodent. Penulis memakai penjabaran deskriptif dan penjabaran linear berganda untuk mendapatkan analisis data. Hasil riset memperlihatkan bahwa brand image produk Pepsodent berada pada kelas unggulan, kualitas produk Pepsodent sangat baik, dan minat untuk membeli produk Pepsodent berada pada kategori sangat baik. Hasil riset secara bersama-sama memperlihatkan bahwa brand image memengaruhi sasaran pembelian dan signifikan, dengan nilai (thitung 4,287) > (ttabel 1,98472) dan angka signifikan 0,000 <0,5. Secara parsial dapat dilihat bahwa kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan pada minat beli, didapat dengan hasil (thitung 2,927) > (ttabel 1,98472) dan angka signifikan 0,004 <0,05. Dilihat dari hasil dan pengolahan data78 yang didapat, diketahui nilai f yang ditentukan adalah 112,349, nilai F tabel : 3,09, dengan alasan nilai (Fhitung 112,349 > Ftabel 3,09) dan nilai signifikan 0,000 adalah dibawah 0,05, sehingga sangat beralasan bahwa brand image beserta kualitas produk berpengaruh secara bersama-sama pada Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung.

Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Produk, Minat Beli

Full Text:

Download PDF

References


Apriani, V., & Arifin, A. L. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Samsung Pada Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Depok. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.7, 1-10.

Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Everwhite Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management: Vol.9, No.3, 1-5.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi.

Yogyakarta: Andi Offset.

Fitria, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual.

Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi Sembilan.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

Surabaya: Unitomo Press.

Khuong, M. N., & Tran, N. T. H. (2018). The Impacts Of Product Packaging

Elements on Brand Image and Purchase Intention – An Empirical Study Of

Phuc Long’s Packaged Tea Products. International Journal of Trade,

Economics and Finance, 9(1), 8-13.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2021): Marketing Management, xx

Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P., dan Amstrong G., (2019), Principles of Marketing,

New Jersey: Pearson.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Swasty, Wirania. (2016). Branding : Memahami dan Merancang Strategi Merek.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marpaaung, N. N. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepatu Ando (Studi Kasus Di Kota Bekasi 2020). Jurnal Parameter, Vol 5 No.2, 1-14.

Wijianty, Menik. Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan

Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis

Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, Vol 13, No. 1.

Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio e-kons Vol.10, No.3.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics