Pengaruh Brand Equity Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada Produk Nescafe Classic Di Kota Makassar

St Sukmawati, Herenal Daeng Toto

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap repurchase intention konsumen pada produk nescafe classic baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap variabel terikat yaitu repurchase intension, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung brand awareness sebesar 2,341, nilai t-hitung brand association sebesar 3,085, nilai t-hitung perceived quality sebesar 2,827, nilai t-hitung brand loyalty sebesar 3,330 > nilai t-tabel sebesar 1,987. Dan dari hasil analisis linear berganda Y= -4840 + 0,144X1 + 0,309X2 + 0,188X3 + 0,285X4 + e, nilai koefisien determinasi (R2) 0,660 dengan demikian besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty terhadap repurchase intention adalah sebesar 66,0%. Sedangkan sisanya sebesar 34,0% adalah di pengaruhi oleh faktor lain seperti brand image, brand trust, brand ambassador, dan brand personality yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan secara simultan brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap repurchase intention.
Kata kunci : brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty, repurchase intention, nescafe classic.

References


Amalia, W., Manajemen, J. E., Lestari, R. B., Manajemen, P. S., Manajemen, P. S., Awareness, B., … Loyalty, B. (2016). Pengaruh brand equity terhadap minat pembelian ulang pada restoran d’cost di palembang square.

Amirudin Muhammad. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tepung Terigu Segitiga Biru di Pekanbaru (Studi Kasus pada Pelanggan CV.Abadi Pekanbaru).

Chandra dan Muhammad. (2016). Dasar-dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Caps.

duwi priyatno. (2016). SPSS Handbook. Bandung: Alfabeta, CV.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.

Gómez, & Pérez. (2018). Effects of Brand Love and Brand Equity on Repurchase Intentions of Young Consumers, 8(4), 3.

Hasugian, J. T. M. (2016). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 923–937.

Nandan Limakrisna dan Togi Parulian Purba. (2017). Manajemen Pemasaran. jakarta.

Ni Komang Lestia Sari dan Wayan Santika. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Association, dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Produk Smartphone Merek ASUS, 6(8), 396–402.

Nursyamsu, S., Bahri, S., & Hadi, S. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Repurchase Intention Handphone Samsung kepada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Tadulako di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1(2), 221–232.

Pather, P. (2017). Brand Equity as a Predictor of Repurchase Intention of Male Branded Cosmetic Products in South Africa Pravenshi Pather University of the Witwatersrand (Wits Business School ). Brand Equity As a Predictor of Repurchase Intention of Male Branded Cosmetic Products in South Africa, 2(January 2017), 1–23.

Priyatno. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: ANDI.

Ridwan, L. M., Solihat, A., & Trijumansyah, A. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok. Jurnal Pariwisata, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3060

Rumengan. (2010). Metodologi Penelitian SPSS (Cetakan 1). Batam: Uniba Press.

Sari, F. W., Sancoyo, W., Ayuda, O. T., Yuniarti, N., . W., Ardyan, E., … Ismawati, A. A. (2015). Memahami Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: Penelitian Empiris Pada Stie Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(2), 145–154. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.155-164

Sp, A. A. G. T. (2018). Pengaruh Brand Equity dan Consumer Satisfaction pada Brand Loyalty Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Abstrak Kondisi persaingan yang semakin ketat dengan adanya tuntutan konsumen yang semakin besar membuat tugas se, 7(1), 307–331.

Sugiama, A. G. (2017). Pengaruh Kemasan , Kewajaran Harga Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty, 17(November), 1–14.

Sugiyono. (2012). Sistematika Untuk Penelitian (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Verdilla, V., & Albari, A. (2018). Dampak Dimensi Ekuitas Merek Dalam Membentuk Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 81. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i2.802

Wasil, M. (2017a). Pengaruh brand awareness brand association dan percieved quality The influence of brand awareness brand association and percieved quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137–147. Retrieved from http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php

Wasil, M. (2017b). Pengaruh Brand Loyalty dan Perceived Quality terhadap Kepuasan Pembelian The Influence of Brand Loyalty and Perceived Quality on Purchasing Satisfaction. Forum Ekonomi, 19(1), 103–118.

Widhiarta. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(4), 832–848.

Winatapradja, N. (2015). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.Co Donuts & Coffee di Manado Town Square. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 1(3), 958–968.

yudhi. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa, Lokasi dan, 7(September).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.3336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics