MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MENEKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN BIAYA PROMOSI PADA PT COCA - COLA AMATIL INDONESIA DI JAWA TIMUR

Vellynda Sharon Theresia, Rolyana Ferinia

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah dokumen dalam bentuk laporan keuangan dan sampel nya adalah laporan rugi laba untuk periode 2015-2017 dengan mengambil data sekunder yaitu laporan keuangan PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur tahun 2015-2017 yang berhubungan dengan biaya distribusi, biaya promosi, dan penjualan. Selanjutnya, analisis regresi sederhana dan berganda untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diteliti diketahui bahwa biaya distribusi biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur secara simultan. Selanjutnya secara parsial biaya distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur. Kemudian biaya promosi terhadap penjualan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur.

Kata Kunci : Biaya Distribusi, Biaya Promosi, Penjualan.

ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of distribution costs and promotion costs on sales at PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java. The population in this study is a document in the form of financial statements and the sample is the income statement for the period 2015-2017 by taking secondary data, namely the financial statements of PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java 2015-2017 related to distribution costs, promotion costs and sales. Furthermore, simple and multiple regression analysis to test the hypothesis. Based on the results of the tests that have been examined it is known that the cost of distribution of promotional costs has a significant effect on sales at PT Coca-Cola Amatil Indonesia in East Java simultaneously. Furthermore, partially the distribution costs have no significant effect on sales at PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java. Then the promotion costs for sales have a partially significant influence on PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java.

Keywords : distribution costs, promotion costs, sales

References


Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Juanda, S. C., & Suzan, L. (2015). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan (Suatu Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2013). e-Proceeding of Management, 2(1), 373-380.

Julianto, P. A. (2017, Mei 8). Kompas.Com. Diambil kembali dari Kompas.Com Web Site: https://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/08/222919726/daya.beli.turun.penjualan.minuman.ringan.anjlok

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Limakrisna, H. N., & Susilo, W. H. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Madura, J. (2001). Pengantar Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mursid, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfadilah, P. S. (2018, Oktober 4). Kompas.Com. Diambil kembali dari Kompas.Com Web Site: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/04/180714726/dollar-as-perkasa-pengusaha-makanan-dan-minuman-pusing

Prihantara, K., Suwendra, I., & Yulianthini, N. (2015). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Jurusan Manajemen, 3(1).

Rachman, G. G., & Yuningsih, K. (2010). Pengaruh Biaya Distribusi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi pada Sari Intan Manunggal Knitting Bandung). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 10 (2), 151-175.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

Reeve, J. M., Warren, C. S., Duchac, J. E., Wahyuni, E. T., Soepriyanto, G., Jusuf, A. A., & Djakman, C. D. (2009). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Rochmah, S. (2016). Analisis Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pengembangan Produksi, Biaya Saluran Distribusi terhadap Penjualan pada PT Polipas Makmur Santosa Ungaran. Jurnal STIE SEMARANG, 8(3), 21-31.

Sari, N. P., & Hapsari, D. W. (2015). Pengaruh Biaya Distribusi dan Biaya Promosi Terhadap Penjualan. e-Proceeding of Management, 2(1), 472-478.

Subagyo, Masruroh, N. A., & Bastian, I. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprapto, H. A. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan E-Commerce Terhadap Tingkat Penjualan pada Usaha Jack Donut di Curug Tanah Baru Depok. Journal of Applied Business and Economics, 2(4), 345-354.

Suprapto, H. A., & Rusdi, M. (2015). Pengaruh Biaya Distribusi dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Produk pada PT Enseval Putera Megatrading TBK. (Kalbe Group). Sosio e-Kons, 7(2), 100-110.

Swastha, B. (2012). Manajemen Penjualaan Edisi Ketiga . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Wijayanti , T. (2018). Marketing Plan dalam Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yusuf, E. Z., & Williams, L. (2007). Manajemen Pemasaran Studi Kasus Indonesia. Jakarta: PPM.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v2i1.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics