Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Pada Alfamart dan Agra Mart di Air Batu

Tasya Alya Putri, Yenni Samri Juliati Nasution

Abstract


Abstrak
Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Bisnis minimarket merupakan salah satu bisnis yang tergolong sebagai bisnis retail yang memiliki potensi besar. Kehadiran bisnis minimarket menawarkan alternatif untuk para konsumen yang membutuhkan produk namun tidak ditemukan di warung tradisional pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kualitas pelayanan pada minimarket Alfamart dan Agra Mart Wilayah Air Batu Kisaran. Pengukuran kualitas pelayanan terhadap kedua objek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Tjiptono yang di dalamnya terdapat 5 dimensi yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli Alfamart dan Agramart Wilayah Air Batu Kisaran. Jumlah responden dalam penelitian yaitu 33 responden. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan pada pada minimarket Alfamart dan Agra Mart Wilayah Air Batu Kisaran. Agra Mart perlu mempertahankan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh perusahaan agar konsumen merasa nyaman dan terus melakukan pembelian. Alfamart di Wilayah Air Batu Kisaran sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan dari sisi menanggapi keluhan terhadap konsumen yang membeli produk.

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan Konsumen, Agra Mart, Alfamart, Dimensi TERRA
Abstract
One retail business that serves basic needs and daily needs is a minimarket. The mini market business is one of the businesses classified as a retail business that has great potential. The presence of the minimarket business offers an alternative for consumers who need products but are not found in traditional stalls in general. The purpose of this study was to determine whether there was a difference between service quality at Alfamart and Agra Mart Air Batu Kisaran minimarkets. Measurement of service quality for the two research objects was carried out using the service quality measurement tool proposed by Tjiptono in which there are 5 dimensions, namely tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance. The population in this study are consumers who buy Alfamart and Agra Mart Air Batu Kisaran. This type of research uses qualitative research with the interview method. The research results show that there is a significant difference between the quality of service at the Alfamart and Agra Mart Air Batu Kisaran minimarkets. Agra Mart needs to maintain the service quality set by the company so that consumers feel comfortable and continue to make purchases. Alfamart in the Air Batu Range area should improve the quality of service to consumers who buy products.


Keywords: Quality of service, Customer Satisfaction, Agra Mart, Alfamart, TERRA Dimension.

Full Text:

Download PDF

References


Adnyana, M. B. (2022). STRATEGI PEMASARAN BUS AKAP JALUR JAWA–BALI MELALUI PENERAPAN CHSE PADA MASA NORMALISASI COVID-19. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 245–251.

Andika, H., & Hati, S. W. (2018). Analisis Perbandingan Kepuasan Pelanggan Antara Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kota Batam. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 119–134. https://doi.org/10.30871/jaemb.v6i2.651

Apandi, I., Kusmindari, C. D., & Hardini, S. (2019). ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ALFAMART DAN INDOMARET. Bina Darma Conference on Engineering Science (BDCES), 1(1), 244–254.

Aprihatiningrum Hidayati, M. M., Sifatu, W. O., Maddinsyah, A., Sunarsi, D., MM, Ch., & Jasmani, S. E. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).

Arifin, S. (2011). Pengaruh Kepercayaan, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel jepara indah. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 8(1).

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37–43.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Massa, L. E., Tumbel, A. L., & Jorie, R. J. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan pada Minimarket Indomaret dan Alfamart di Wilayah Maumbi Minahasa Utara. J.J. Rotinsulu 49 Jurnal EMBA, 10(1), 49–58.

Nasir, A., Aida, N., Qomariah, N., SETYORINI, E. F. I. E. D. W. I., & SITTI, N. U. R. (2018). Perbandingan Kepuasan Konsumen Indomaret Dan Alfamart Di Wilayah Gempol Pasuruan. JAMSWAP, 3(3), 89–103.

Nur, F. (2022). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Mutu, Pelayanan dan Nilai. Center for Open Science.

Nurfadilah, S. D. (2021). Analisis Faktor Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Sukabumi). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(1), 16–23.

Nurhadi, N. (2020). Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 137–150.

Opli, J., Kamal, M., & Ali, A. (2021). Factors That Affect Customer Satisfaction (Survey On Jne Delivery Service Bangkinang City Branch). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 81–90.

Sa’adah, L. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35.

Worung, G. L., Pelleng, F. A. O., & Kelles, D. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pos Indonesia Cabang Tanawangko. Journal of Productivity, 1(5), 430–435.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics