Pengaruh Pemasaran Online, Harga, Pelayanan dan Etika Bisnis terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Konsumen Produk Fashion Online di Makassar)

Suriyanti Suriyanti, Serling Serang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1. mengetahui dan menganalisis pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian, 2. mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, 3. mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian, 4. mengetahui dan menganalisis pengaruh etika bisnis terhadap keputusan pembelian, 5. mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan pemasaran online, harga, pelayanan dan etika bisnis terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini sebanyak 472.000 jiwa, sedangkan sampel peneltian ini ditentukan dengan penentuan sampel minimum pendekatan Ferdinand (2006) sebanyak 118 responden yang terdiri dari profesi dokter, dosen, PNS, swasta dan mahasiswa. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun demikian, penelitian tidak dapat membuktikan bahwa harga, pelayanan dan etika bisnis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada produk fashion melalui media internet.

Kata Kunci: Pemasaran Online, Penetapan Harga, Layanan, Etika Bisnis, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Al-Qur’an, Surah Al-A’raf, Ayat 85.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (2011, 2 November 11.50 wib), “ Tabel Perkembangan Jumlah Pelanggan dan Pemakai Internet Kumulatif”.

http://www.apjii.or.id/index.php?option=com_content&view=article d=59&Itemid=53

Assauri, Sofjan, (2007). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi”, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Adityo, Benito dan Imroatul Khasanah. (2009), Analisis Pengaruh kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara On Line Di Situs Kaskus.

Bartens, K. (2000). Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius (Anggota IKAPI), Yogyakarta.

Bhatnagar, A., Misra, S. and Rao, H.R. (2000), On Risk, Convenience, and Internet Shopping Behaviour, Journal Retailing 77, 511-535.

Chandra, Robby. (2000), Mengenal Konsumen di Dunia Digital, Proses Belanja Konsumen melalui Internet. Jurnal Managemen Prasetya Mulya. Volume V.

De George, Richard, (1987), The Status Of Business Ethics : Past and Future, Journal Of Business Ethics, Vol. 6, No. 3, April 1987. Hal 201-211.

Dalimunthe, Ritha F. (2004), Jurnal Etika Bisnis. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.

Djaslim, Saladin, (2003). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan 3, Penerbit Linda Karya, Bandung.

Engel, James F., (1994). Perilaku Konsumen. Jilid I, Jakarta : Binarupa Aksara.

Engel, JF,. Blackwell, RD., & Miniard, PW. (1993). Consumer Behavior. Seventh Edition. USA : The Dryden Press.

Febrian, J., Mengenal Internet. CV. Informatika, Bandung, 2003.4. http://www.internetworldstats.com/asia/id.htm, 24 Januari 2012, pukul 05.46 WIB.

Ferdinand. Augusty, (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam., (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Google, (2014). Etika Bisnis. Dalam http://quickstart-indonesia.com/Etika-Bisnis/

Hawes, J. and Lumpkin, J. (1986), Perceived Risk and The Selection Of a Retail Patronagen Mode, Journal of The Academy of Marketing Science. Vol. 14, No.4, pp. 37-42.

Istijanto, (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing”, Edisi Revisi Cetakan kedua, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kasali, Rhenald (2000). “Peluang Pasar e-Commerce dan Bagaimana Menyiasatinya.” Makalah Seminar Sukses Berbisnis di era Internet: Kiat Membangun Situs Web yang Populer. Hyatt Regency, Surabaya.

_______¬¬¬___ 2011). Cracking Zone.. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kertajaya, Hermawan, (2003). Marketing in Venus. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong, (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

___________ (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 2, Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

__________ (2006), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta.

Lytle, (1996). What Do Your Customer Really Want (Cara Jitu Memuaskan Pelanggan). Alihbahasa Agus S. Jakarta.

Mahmoedin, (1996). Etika bisnis. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Malhotra, Naresh, (2010). Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Terjemahan, Edisi Keempat, Indeks Gramedia Group, Jakarta.

McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku-1. Penerbit PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.

Modding, Basri. (2012). “Pemasaran Strategik”, Edisi I, cetakan I, PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar

Mowen, John C. dan Minor Michael, (2002). Perilaku Konsumen, Jilid I, Jakarta : Erlangga.

Mujiyana, dan Ingge Elissa, (2013). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Via Internet Pada Toko Online. J@ty Undip, Vol. VIII, No. 3, September.

Newholm, T., McGoldrick, P., Keeling, K., Macaulay, L. and Doherty, J., (2004), Multi-Story Trust and Online Retailer Strategies, International Review of Retail, Distribution & Consumer Research, Vol. 14, No. 4, pp. 437-456

Poerwadarminta, (2003). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Rahmayanti, Nina, (2000). Manajemen Pelayanan Prima, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. (2000). Flexible Marketing. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sari, Gendis Tunjung, (2009). Correlation Between Of Fashion Product Quality and Purchasing Intention Via Website.

Sekaran. Umar, (2000). Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustka Utama, Jakarta.

Setiadi, J. Nugroho, (2002). Perilaku Konsumen. Kencana Jakarta.

Siagian, Sondang, P. (1996). Etika, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Stanton, WJ. (2006). Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2010). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Cetakan 9, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Sutisna, (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suyanto, M, (2007). “Marketing Strategy Top Brand Indonesia”, Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta..

Swastha, Basu (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta BPFE.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, (1997). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta : Andi.

Randal, N. and C. Latulipe (1995). Plug and Play Internet. Sams Publishing. Indianapolis.

Rianto, James (2002). Pemanfaatan Internet Untuk Bisnis.

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein, (2010). “Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen”, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Bekerjasama dengan Jakarta Business Research Centre (JBRC), Jakarta.

Velasquez, M.G., dan C. Rostankowski, (1985). Ethics: Theory and Practice. Eaglewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall.

Wandanaya, Anita B. (2011), Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian. Tangerang.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics