Pemahaman dan Kesadaran Halal Pengguna Jasa Makanan Online

Baharuddin Semmaila, Nurmiati Muchlis, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Minat terhadap pembelian makanan online di Kota Makassar mengalami peningkatan. Terdapat sekitar 40% masyarakat memenuhi kebutuhan hidup melalui penggunaan jasa online termasuk makanan (Mediaindonesia.com diakses 22 Desember 2019). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku halal pembelian makanan secara online di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan collaborative research. Responden merupakan pengguna jasa online di Kecamatan Panakkukang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman halal dengan pembelian makanan secara online, kesadaran halal tidak memiliki hubungan dengan pembelian makanan secara online. Pengguna jasa online didominasi oleh Ibu rumah tangga, dengan latar belakang Pendidikan S1. Tingginya Minat Pembelian makanan secara online oleh masyarakat di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar terutama pada masa pandemi. Diharapkan produsen makanan yang menyajikan secara online perlu menambahkan informasi “halal” untuk makanan yang disajikan melalui aplikasi online. Penerapan kesadaran dan pemahaman halal sangat penting bagi pelaku industri makanan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk makanan yang disajikan secara online.
Kata Kunci: kesadaran halal; pemahaman halal; jasa online

Full Text:

Download PDF

References


Alfonsius. 2020. Pelayanan Transportasi Online Di Era New Normal. Journal of Accounting & Management Innovation, 4(2), 91–100.

Nurbayti. 2019. Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta). Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 1(1), 1–10.

Tjitroresmi, E., & Suhodo, D. S. 2016. Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global : Perilaku Produsen Dalam Memproduksi Produk Halal (Vol. 4, Issue 1). Tumuwe, R., Damis, M., & Mulianti, T. 2018. Pengguna Ojek Online di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Holistik, 21, 1–19.

Faridah, H. D. 2019. Sertifikasi Halal Di Indonesia; Sejarah, Perkembangan, Dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78

Helmi, I., Hafidhuddin, D., & Ibdalsyah, I. 2019. Kehalalan Makanan Cepat Saji Menurut Fatwa Mui: Studi Analisis Terhadap Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 40. https://doi.org/10.32832/kasaba.v12i1.2548

Jannah, M. 2019. Efektivitas LPPOM MUI Dalam Mensosialisasikan Sertifikasi Halal Kepada Masyarakat Di Kota Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/15705

Warto, W., & Samsuri, S. 2020. Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

warehousing. Journal of Islamic Marketing, 6(3): 354 – 376.

Rahman, A. & Abdul, M. 2017. Establishment of traceability practices through Halal Assurance

System (HAS) implementation. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7 (6).

Talib, M., Pang, L., Ngah, A. 2020. The role of government in promoting Halal logistics: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 1759 – 0833.

Republik Indonesia. 2014. Jaminan Produk Halal. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Republik Indonesia. 2019. Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

Bonita, Anita “Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada Pt. Orindo alam ayu”. (Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Medan Area, Medan 2015)

Baca B. Halal Life Style sebagai Dakwah Determinasi Diri dan Sosial Masyarakat Indonesia. Jurnal Al-Hikmah. 2021 Apr 1;19(1):1-2.

Fadloli, F., Widaningsih, W., & Chalim, A. (2021, October). HALAL LIFESTYLE OF MALANG STATE POLYTECHNIC STUDENTS. In Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial (Vol. 3, No. 1).

Kamal, M. I. H. (2021). PROFIL PENGGUNA, TUJUAN PERJALANAN, DAN FAKTOR PENDORONG PENGGUNAAN OJEK ONLINE DI YOGYAKARTA. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(2), 61-67.

Muchlis, N. (2017). Religiusitas dan Retensi Karyawan. Religiusitas dan Retensi Karyawan.

Lantara, D., Muchlis, N., & Pelu, M. F. A. (2021). Pengembangan Wawasan Kewirausahaan Berbasis Halal Knowledge di Desa Belapunranga Kec. Parangloe Kab. Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Window of Community Dedication Journal, 135-145.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics