Peran Industri Hala dalam Mendokrak Ekonomi Pada Era New Normal

Jeni Kamase, Suriyanti Suriyanti, Ackriansyah Achmad Gani

Abstract


Musibah Covid 19 yang oleh WHO (World Health Organization) telah ditetapkan sebagai pandemi ini bukan hanya sekedar masalah kesehatan belaka, jauh dari itu meliputi seluruh aspek yang juga melemahkan kondisi perekonomian. Tiongkok, sebagai negara yang menjadi episentrum penyebaran pertama virus ini yang notabenenya negara ini merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, tentu saja sangat mempengaruhi laju perekonomian global. Namun sayangnya, gerakan ini berpengaruh pada penurunan aktivitas ekonomi secara keseluruhan. Upaya ini memberi kebaikan di satu sisi namun juga berakibat pada penurunan Agregate Supply atau penawaran agregat dan Agregate Demand permintaan agregat akibat pembatasan aktivitas dan hanya berdiam diri di rumah yang juga mempengaruhi pada penurunan terus menerus jumlah produksi. Maka akibat pandemi virus Covid 19 ini, sangat besar dan potensi perannya dapat dimaksimalkan demi kemajuan perekonomian khususnya di Indonesia. Saat ini masyarakat tentunya sangat memperhatikan kesehatan, salah satunya mengonsumsi dan membeli produk yang higienitasnya terjamin. Maka produk halal lah yang akan mengambil posisi pasar pada perekonomian era new normal. Tujuan penulisan adalah ingin mengetahui bagaimana peran industri halal dalam membangun kembali perekonomian di era new normal ini. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, merupakan upaya memahami berbagai konsep yang ditemukan dalam proses penelitian, dengan menggunakan teknik kontent analysis (Analisis isi) dan riset kepustakaan (Library research). Hasil penelitian menunjukkan proyeksi industri halal di era new normal yang potensial dengan kesesuaiannya dengan kondisi, peluang, dan upaya pemerintah dalam pengembangan ekonomi di era new normal. Maka di era kebiasaan baru ini, pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat dapat beradaptasi dengan pola ekonomi baru demi memajukan perekonomian di era new normal.

Kata Kunci: Industri halal, new normal, perekonomian

Full Text:

Download PDF

References


laura Hardilawati, W. (2020). Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Lees, J. P., Poireau, V., Tisserand, V., Garra Tico, J., Grauges, E., Palano, A., ... & Cowan, G. (2013). Branching fraction measurement of decays B+-> ωℓ+ v decays. Physical Review D.

Ardhyani, I. W., & Singgih, M. L. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan dengan Higher Education Performance (HEdPERF) dan Higher Education Service Quality (HiEdQUAL). Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 25-32.

Tripayana, S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co, Bali. Jemap, 2(2), 182.

Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problembased learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).

Maula, M. C. (2019). PENDEKATAN HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG-LAMONGAN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Diana Susanti, S. H., & Kn, M. (2021). Kebijakan Hukum Produk Halal di Indonesia. Sinar Grafika.

Marwan, S. M. A. S., & Ali, E. A. R. E. (2015). Sustainable and responsible investment (SRI): trends and prospects. Muzakarah Penasihat Syariah Kewangan Islam.

De Rozari, A., & Wibowo, Y. H. (2015). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Utama Kota Surabaya (Studi Kasus Di Jalan Ahmad Yani Dan Raya Darmo Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01).

Cheng, W., Zhang, X., Pan, F., & Wang, W. (2016). HICC: an entropy splitting-based framework for hierarchical co-clustering. Knowledge and Information Systems, 46(2), 343-367.

Mohsin, A., Ramli, N., & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal tourism: Emerging opportunities. Tourism Management Perspectives, 19, 137-143.

Jabbar, W. A., Ismail, M., & Nordin, R. (2015). Multi-criteria based multipath OLSR for battery and queue-aware routing in multi-hop ad hoc wireless networks. Wireless Networks, 21(4), 1309-1326.

Moch, H., Cubilla, A. L., Humphrey, P. A., Reuter, V. E., & Ulbright, T. M. (2016). The 2016 WHO classification of tumours of the urinary system and male genital organs—part A: renal, penile, and testicular tumours. European urology, 70(1), 93-105.

Lestari, T. P., Hidayati, L., & Dasuki, S. (2011). Hubungan pola konsumsi makanan jajanan dengan morbiditas dan status gizi anak sekolah dasar di wilayah kartasura.

Umami, R. (2016). PENETAPAN HAK WARIS ANAK DALAM KANDUNGAN STUDI KOMPARATIF MAZHAB SYAFI’I DAN HANAFI (Skripsi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Sairally, B. S. (2015). Integrating environmental, social and governance (esg) factors in islamic finance: Towards the realisation of maqasid al-shari'ah. ISRA International Journal of Islamic Finance, 7(2), 145.

Adner, R., & Kapoor, R. (2010). Value creation in innovation ecosystems: How the structure of technological interdependence affects firm performance in new technology generations. Strategic management journal, 31(3), 306-333.

Greeno, J. G., & Moore, J. L. (1993). Situativity and symbols: Response to Vera and Simon.

Liski, J., Palosuo, T., Peltoniemi, M., & Sievänen, R. (2005). Carbon and decomposition model Yasso for forest soils. Ecological modelling, 189(1-2), 168-182.

Baldwin, C. Y. (2012). Organization design for business ecosystems. Journal of Organization Design, 1(1).

Baghbadorani, M. F., & Harandi, A. (2012). A conceptual model for business ecosystem and implications for future research. International Proceedings of Economics Development and Research, 52(17), 82-86.

Williams, E. J., & Davison, A. (2014). Autopsy findings in bodies repatriated to the UK. Medicine, Science and the Law, 54(3), 139-150.

Hidayat, E., & Kuswandi, E. (2015). Fiqih Jual Beli.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics