Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Samsung

Septiana Sara Lubis, Yenni Samri Juliati Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEBI UINSU yang menggunakan smartphone Samsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Skala pengukuran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah skala likert. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan sampling aksidental, dan ditetapkan sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat uji statistic SPSS versi 26 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa FEBI UINSU, variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa FEBI UINSU, variabel promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa FEBI UINSU.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/I Uinsu Dengan Structural Equation Modeling. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 9(2),593–604.

Angipora, M. P. 2015. Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Dewi. O.I. dan E.M. Sutanto, 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Jurnal Agora. 6.(2) : 1-6.

Erlangga, R. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Halu Kopinspirasi. E-Jurnal Unsrat 1.(2) : 197-202.

Ghozali. I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS. Edisi Ketujuh. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gitosudarmo, I. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, (Cetakan Keenam) BPFE, Yogyakarta.

Hamdan dan Y Adiyanto. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Opp0 (Studi Pada Mahasiswa Di Universitas Serang Raya). Jurnal Sains Manajemen. 6.(1) : 23-35

Hilmi R. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen. 4.(4) : 550-565.

Kosasih, F.R. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Star Cell Banjarmasi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 20.(1) : 39-50.

Kotler, P. 2013Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT Prehallindo. Jakarta.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid pertama. Edisi kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta

Prasetio, R. dan K Laturette. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito Tour & Travel. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 2.(3) : 332-341.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Tandjung, W.J. 2015. Marketing Manajemen: Pendekatan Pada Nilai-nilai

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Utami, H.N. dan I.F.A. Firdaus, 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica. 2.(1) : 136-146.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics