Meningkatkan Kinerja Pemasaran Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi Ditengah Pandemi Covid-19

Khisnun Baani, Susilo Toto Rahardjo

Abstract


Penelitian ini dirumuskan berdasarkan adanya penurunan kinerja UMKM makanan dan minuman di Jawa Tengah akibat adanya pandemi Covid-19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi terhadap kinerja pemasaran yang dimoderasi oleh ketidakpastian lingkungan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling (voluntary sampling) dengan teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampel acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 6 hipotesis penelitian yang ada, hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa hipotesis 1, hipotesis 2, dan hipotesis 3 dapat diterima yang menunjukan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan hipotesis 4a, hipotesis 4b, dan hipotesis 4c dinyatakan ditolak yang menunjukan bahwa variabel ketidakpastian lingkungan tidak mampu memoderasi hubungan antara variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi dengan kinerja pemasaran.

Kata Kunci: Moderasi; Ketidakpastian Lingkungan; Kinerja Pemasaran.

Full Text:

Download PDF

References


Afriyie, S., Du, J., & Ibn Musah, A.-A. (2019). Innovation and marketing performance of SME in an emerging economy: the moderating effect of transformational leadership. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(40), 01–25. https://doi.org/10.1186/s40497-019-0165-3

Arsawan, I. W. E., Koval, V., Rajiani, I., Rustiarini, N. W., Supartha, W. G., & Suryantini, N. P. S. (2020). Leveraging knowledge sharing and innovation culture into SMEs sustainable competitive advantage. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-04-2020-0192

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2016). Jumlah UMK di Provinsi Jawa Tengah. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Retrieved from https://jateng.bps.go.id/indicator/30/480/1/jumlah-kasus-penyakit-menurut-jenis-penyakit-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah-2018.html

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa tengah. (2021). Statistik Ekonomi UMKM Dampak Covid-19. Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. Retrieved from https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/dampakcovid/pemetaan/statistik

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sartedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. Sage. London.

Hudayah, S., & Ikbal, M. (2013). the Effect of Market Orientation on Performance With. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 16(1), 91–104.

Kafetzopoulos, D., Gotzamani, K., & Skalkos, D. (2019). The relationship between EFQM enablers and business performance: The mediating role of innovation. Journal of Manufacturing Technology Management, 30(4), 684–706. https://doi.org/10.1108/JMTM-06-2018-0166

Kottika, E., Özsomer, A., Rydén, P., Theodorakis, I. G., Kaminakis, K., Kottikas, K. G., & Stathakopoulos, V. (2020). We survived this! What managers could learn from SMEs who successfully navigated the Greek economic crisis. Industrial Marketing Management Journal, 88, 352–365.

Kristinae, V., Wardana, I. M., Giantari, I. G. A. K., & Rahyuda, A. G. (2020). The role of powerful business strategy on value innovation capabilities to improve marketing performance during the covid-19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 8(4), 675–684. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2020.8.005

Lailah, F. A., & Soehari, T. D. (2020). the Effect of Innovation, Information Technology, and Entrepreneurial Orientation on Business Performance. Akademika, 9(02), 161–176. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.914

Muecke, T. G., & Hofer, K. M. (2015). Market orientation, entrepreneurial orientation and performance in emerging markets. International Journal of Emerging Markets, 10(3), 560–571. https://doi.org/DOI 10.1108/IJoEM-05-2013-0076

Prakosa, B. (2005). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi (JSMO), Volume 2(Nomor 1), 35–57.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Reserach Methods for Bussiness A Skill-Bulding Approach, 1–447.

Siddique, I., Saleem, I., & Abbas, S. G. (2018). Entrepreneurial Marketing, Environmental Uncertainty and Performance of Family Firms. Sarhad Journal of Management Sciences, 4(2), 124–142. https://doi.org/10.31529/sjms.2018.4.2.1

Veidal, A., & Korneliussen, T. (2013). Entrepreneurial orientation and market orientation as antecedents of organisational innovation and performance. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 19(2), 234–250. https://doi.org/10.1504/IJESB.2013.054965

Wibisono, T., Universari, N., & Budiati, Y. (2020). Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, and Company Performance: Study on Small and Medium Industries (Smes) Furniture in Demak District. Economics and Business Solutions Journal, 4(1), 20–35. https://doi.org/10.26623/ebsj.v4i1.2240

Yıldız, S., Baştürk, F., & Boz, İ. T. (2014). The Effect of Leadership and Innovativeness on Business Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 785–793. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.064




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics