Validasi Model Bisnis Pengembangan Produk Baru Usaha Mikro Bidang Fashion Bosstore.Id di Bandung

Rachmandio Fadhil Jaenudin, Astri Ghina

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkembang pesat di Indonesia dengan jumlah 65,46 juta unit pada tahun 2019 di Indonesia. Namun, adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan penurunan penjualan pada 94,69% UMKM di Indonesia. Tidak kalah penting, banyaknya UMKM di Indonesia juga membuat para pelaku usaha untuk tetap berinovasi karena adanya persaingan yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk memvalidasi model bisnis terhadap ide bisnis berupa pengembangan produk baru. Validasi model bisnis dilakukan dengan melakukan pengujian pada blok Kanvas Model Bisnis (BMC) usaha mikro Bosstore.id berupa proposisi nilai, aliran pendapatan, dan saluran. Pendekatan mix method (campuran) dengan metode penelitian studi kasus digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data berupa observasi dan wawancara digunakan pada metode kualitatif ditambah dengan pengumpulan data secara kuantitatif yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Validasi model bisnis dilakukan dari sumber berupa BMC awal yang akan dikembangkan melalui analisis berupa pengujian ide bisnis. Hal tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi kesesuaian ide bisnis dengan keinginan dan kebutuhan target konsumen. Penelitian ini memberikan penjelasan serta tindak lanjut terhadap pengembangan produk baru usaha mikro Bosstore.id. Hasil penelitian menjelaskan bahwa blok proposisi nilai valid, aliran pendapatan valid, dan blok saluran tidak valid. Setelah melakukan validasi dengan beberapa pengujian yang menggunakan berbagai alat uji, penulis memberikan tindak lanjut berupa saran dalam pengembangan produk baru berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian.

Kata Kunci: Business Model Canvas, Validasi Model Bisnis, Pengembangan Produk Baru, Pengujian Ide Bisnis

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2019). Pengertian Pendapatan Nasional. Badan Pusat Statistik [online]. Tersedia: https://www.bps.go.id/subject/11/produk-domestik-bruto--lapangan-usaha-.html#subjekViewTab1 [20 Oktober 2022]

Hendri, John. (2009). Merancang Kuesioner Riset Pemasaran. Depok: Universitas Gunadarma.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. Jakarta: Kemenkopukm.

Kominfo. (2022). Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM Lewat Digitalisasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia [online]. Tersedia: https://www.kominfo.go.id/content/detail/45050/tingkatkan-daya-saing-pelaku-umkm-lewat-digitalisasi/0/berita [28 Oktober 2022]

Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo

LIPI. (2020). Survei Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid19. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. [online]. Tersedia: http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071 [21 Oktober 2022

Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder, A., & Bland, D. (2020). Testing Business Ideas. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernada, G., dan Smith, A. (2014) Value Proposition Design. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Saretta, I.R. (2020). Mengenal Apa Itu Target Pasar dan Alasan Pebisnis Harus Menentukannya. Cermati.Com [online]. Tersedia: https://www.cermati.com/artikel/mengenal-apa-itu-target-pasar-dan-alasan-pebisnis-harus-menentukannya [29 Oktober 2022]

Simmons, G., Armstrong, G. A., dan Durkin, M. G. (2008). A Conceptualization of the Determinants of Small Business Website Adoption: Setting the Research Agenda. International Small Business Journal, 26(3), 351-389. Retrieved from Sage Publishing Journal Database.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Surajiyo. (2006). Dasar-dasar Logika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warni, S. (2021). 5 Penyebab Utama Kegagalan Produk dan Cara Mengatasinya. Zahirraccounting.Com [online]. Tersedia: https://zahiraccounting.com/id/blog/alasan-utama-sebuah-produk-baru-gagal/#3-produk-yang-kurang-dibutuhkan-konsumen [29 Oktober 2022]




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics