Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Cimory Yogurt di Surabaya

Alodia Diva Narwanda, Budi Prabowo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty secara langsung dan tidak langsung Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen produk Cimory Yogurt Di Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif kuantitatif. Populasi yang ditetapkan yaitu konsumen yang sudah pernah membeli produk Cimory Yogurt di Surabaya. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Jalur, Uji t, dan Uji Sobel pada program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Social Media Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Trust, Brand Awarenes berpengaruh secara signifikan terhadap brand trust, Social Media Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Loyalty, Brand Awareness berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Loyalty, Brand Trust berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Loyalty, Social Media Marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust. Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Awareness, Brand Trust, Brand Loyalty

Full Text:

Download PDF

References


Abas Bambang & Meyzi Heriyanto (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP, Vol. 4, No 2.

Alif Ryan Zulfikar, Mikhriani (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam (Al-Idarah). Vol.1. No.2.

Arinal Hidayah (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Melalui Customer Engagement Pada Wardah Cosmetics (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @wardahbeauty). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 7, No. 2.

Asri Oktiani, Rozy Khadafi (2018). The Effect Of Brand Awareness, Brand Image And Word Of Mouth On Brand Trust And Establishment Of Brand Loyalty In C’bezt Friedchiken Customers, Sub District Genteng, Banyuwangi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(2).

Budi Haryono (2018). How to be a professional customer service : panduan menjadi customer service profesional dalam rangka meningkatkan reputasi perusahaan.

Cimory.com (2021). Diambil 1 Januari 2023, dari https://cimory.com

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama.

Faisa Putri Awali & Sri Rahayu Tri Astuti (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities Dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty: Peran Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Produk Kosmetik Pixy di Wilayah Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1–15.

Fauzi Baisyir (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol.9, No.2

Feti Hikmawati (2017). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Fisipol. (2021, Desember 24). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Universitas Medan Area.

https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2021/12/24/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-media-promosi/

Hanadian Nurhayati. (2021, Juli 16). Number of social media users in Indonesia from 2017 to 2020 with forecasts until 2026. Statista.Com.

Imam Machali (2017). Metode Penelitian Kuantitatif ; Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lubiana Mileva & Achmad Fauzi DH. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks Menggunakan Line). Vol. 58 No.1. 190–199.

Miranda Yuka Parastika (2020). Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing (SMM) Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Memilih Production House (PH) Di Surabaya [Universitas Airlangga].

Mirza Arief, Imam Suyadi & Sunarti S. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek (Survei pada Warga Kelurahan Penanggungan Konsumen Produk Aqua di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 44(1), 144–153.

Muhammad Fahmi, Muhammad Arif, Salman Farisi, & Nadia Ika Purnama (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68.

Noviani Sari Angkie (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara, H&M, Pull&Bear, Dan Stradivarius. AGORA, Vol.7 No.1.

Nurul Evita (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang, Bandung Tahun 2017). E-Proceeding Of Applied Science, 3(2), 430.

Reynaldi Rizal Giovani & Sugeng Purwanto (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.11, No. 1.

Rina Anggriana, Nurul Qomariah, Budi Santoso (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember Effect Of Price, Promotion, Quality Of Service On Customer Satisfaction Service Ojek Online “Om-Jek” Jember, Vol. 7, No.2.

Rio Era Deka, Nurhajati, Nuzulul Rachma (2019}. Pengaruh Brand Association dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Pada Start Up Fintech OVO. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), Vol. 4, No. 1.

Ritonga, H. M., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran : Konsep dan Strategi.

Silvia Hendrayanti & Ulan Terini (2021). The Impact Of Brand Image, Brand Trust And Brand Awareness On Aqua Loyalty Brand. Jurnal CAPITAL Kebijakan Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, Vol.3 No.2, 116–133.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet.26). Alfabeta.

Top Brand Index. (2022). Diambil 4 Oktober 2022, dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=cimory




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics