Analisis Penerapan Strategi dan Risiko yang Dihadapi dalam Bisnis Internasional oleh McDonald’s
Abstract
Kata Kunci: Bisnis Internasional, McDonald’s, Strategi Bisnis, Risiko Bisnis, Etika Bisnis
Full Text:
Download PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Afriansyah, Ardianingsih, A., Habibu, R., Kusnadi, I. H., Ulya, Z., Putri, D. A., Sofyanty, D., Noviriani, E., Widayani, A., Badjamal, F. A., Sampe, F., Pangarso, A., Trihatmoko, R. A., Samsinar, & Silalahi, J. (2022). Konsep dan Teori Etika Bisnis. Eureka Media Aksara.
Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Nas Media Pustaka.
Amani, N. K. (2022). McDonald’s Akan Ganti Nama di Rusia, Seperti Apa Merek Barunya?. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974210/mcdonalds-akan-ganti-nama-di-rusia-seperti-apa-merek-barunya
Anatan, L. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 66-77.
Carman, T. (2022). McDonald’s to Reopen in Ukraine to Create a Small Sense of ‘Normalcy’. The Washington Post. https://www.washingtonpost.com/food/2022/08/11/mcdonalds-reopens-ukraine/
Cavusgil, S. T., Knight, G., & Riesenberger, J. (2011). International Business: The New Realities. Pearson.
Charity, D. S., Yulianto, E., & Wilopo. (2016). Analisis Strategi dalam Memasuki Pasar Internasional (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia dalam Ekspansi di Myanmar). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1), 18-26.
Dewi, M. H. H. (2019). Analisa Dampak Globalisasi terhadap Perdagangan Internasional. Ekonomia, 9(1), 48-57.
Diphayana, W. (2018). Perdagangan Internasional. Deepublish.
Febriyan, F., & Supriono. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Brand Awareness pada Produk Internasional (Survei pada Komunitas Xiaomi Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 74-79.
Gumilar, A. (2018). Analisis Bisnis Internasional di Indonesia. Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis), 2(2), 141-154.
Hasoloan, J. (2013). Peranan Perdagangan Internasional dalam Produktifitas dan Perekonomian. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 102-112.
Helaluddin, Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-JadiAndalan
Lubis, A. N. (2004). Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.
Mahanani, E. (2020). Diktat Bisnis Internasional ke III. Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia.
Makeyeva, T. (2015). Strategi McDonald’s Atasi Buruknya Kinerja Keuangan. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/berita/bisnis/621884-strategi-mcdonald-s-atasi-buruknya-kinerja-keuangan?page=all
Malik, C. (2007). Implikasi Hukum Adanya Globalisasi Bisnis Franchise. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 14(1), 97-113.
Mawar, B., & Aslami, N. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Internasional pada UMKM Pasar Petisah di Masa COVID 19. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 2(2), 241-247.
Murdaniel, R. P. S. (2019). Bussiness Ethic McDONALD’S. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 174-181.
Nugraha, D. (2020). Membedah Rahasia McDonald Menjadi Waralaba Terbesar di Dunia. Paper Blog. https://www.paper.id/blog/bisnis/waralaba-fnb/
Pratiwi, H. I. (2018). Pengaruh Aspek Budaya dalam Pemasaran Internasional “Strategi Adaptasi Budaya McDonald’s Indonesia”. Universitas Jambi.
Rachmawati, I. (2022). Analisis Strategi Sustainability Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pasar Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rahmat, B. Z. (2017). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 98-113.
Ridwan, M., M. S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Ristiyani, N. K. S., Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Kedudukan Hukum Perdagangan Internasional terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(2), 640-649.
Rizal, N. A., Simanjorang, R., Dalimunte, R., Mazruk, S. S., & Suhairi. (2022). Market Strategi Entry (Studi Kasus PT. Aquarium Shrimp). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(1), 153-158.
Romero, D. (2022). McDonald’s Suspending Operations in Russia will Cost $50 Million per Month. Yahoo! Finance. https://finance.yahoo.com/news/mc-donalds-suspending-operations-russia-cost-162459655.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAABrGjsAVX5pw3bPR40swnV0eJL9Lg70QbkHfqvE7lZB0fWrappRWgLoBYv4lKGD_00ugrLDmP83C9VeSwThs7VGakEaficR11n4aYkwfwhsmNcAfaKwxsAxBcw-vU2BwTByDEPsLyMcd2UGSgo60IhdtTgnj7bRWmrYQANp9odvT)
Ryanto, R. (2023). Perjalanan dari Restoran McDonald (The Founder). Universitas Bina Nusantara.
Sari, A. N., Pangestu, S., Erisya, Y., & Putri, A. M. (2021). Analisis Strategic Management pada Restoran Cepat Saji McDonald’s. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2917-2927.
Shereen, Wandi, Y., Fiona, Clorina, J., Juniarty, S., & Gunadi, J. (2022). Analisis Risiko yang Dihadapi McDonald’s Corporation Saat Terjadi Perang Rusia-Ukraina. Jurnal Mirai Management, 7(3), 405-412.
Sherly, Halim, F., Butarbutar, M., Arfandi, S. N., Sisca, Purba, B., Ferinia, R., Dewi, I. K., Hasyim, Sudarso, A., & Purba, E. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Suhairi, Asmita, R. A., Mahira, T. I., Lubis, S. A., & Triyani, W. S. (2023). Analisis Strategi Bisnis Restoran Cepat Saji Mcdonald’s dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Mirai Management, 8(1), 35-46.
Taufan, M. (2019). McDonald's Sebagai Aktor Pembentuk Fast Food Branding ala Amerika di Indonesia. Universitas Jember.
Triyawan, A., & Rohmah, A. (2017). Analisis Perbandingan Risiko Nilai Tukar Kurs Dinar (Emas), Dolar AS, Euro dan Yuan (Periode 2010–2015). Iqtishadia: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), 155-170.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research and Development (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4197
Refbacks
- There are currently no refbacks.