Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Emina di Kota Semarang

Bambang Sutedjo, Garcia Reza Sweetta

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh citra merek, variasi produk terhadap kepuasan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan kosmetik Emina di Kota Semarang menjadi populasi dalam penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Responden pada penelitian ini yaitu berjumlah 100 orang dengan kriteria wanita, telah menggunakan produk kosmetik Emina, dan berdomisili di Kota Semarang. Uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 24 menjadi teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini. Hasil uji validitas menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan terbukti valid dengan nilai KMO (Kaiser Meyer Olkin) tertinggi oleh variabel kepuasan, untuk uji reliabilitas menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan pada penelitian ini reliable dengan nilai cronbach alpha tertinggi oleh variabel kepuasan. Hasil uji koefisien determinasi mendapatkan nilai 53,6% untuk kontribusi citra merek dan variasi produk dalam mempengaruhi kepuasan, lalu sisanya 46,4% kepuasan dipengaruh oleh variabel lain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, dan kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: citra merek, variasi produk, kepuasan, loyalitas pelanggan.
Abstract
This study aims to analyze the influence of brand image and product variety on satisfaction and satisfaction on customer loyalty. Emina cosmetic customers in Semarang City are the population in this study. Sampling in this study uses purposive sampling. Respondents in this study amounted to 100 people with the criteria of women who have used Emina cosmetic products and live in the city of Semarang. A validity test, reliability test, and multiple linear regression test using SPSS version 24 are the analytical techniques used in this study. The validity test results showed that the questionnaire used was proven to be valid with the highest KMO (Kaiser Meyer Olkin) value based on the satisfaction variable. The reliability test showed that the questionnaire used in this study was reliable with the highest Cronbach alpha value based on the satisfaction variable. The test results of the coefficient of determination get a value of 53.6% for the contribution of brand image and product variety in influencing satisfaction. Other variables influence the remaining 46.4% of satisfaction. The results of this study indicate that brand image has a positive and significant effect on satisfaction, product variety has a positive and significant effect on satisfaction, and satisfaction has a positive and significant impact on customer loyalty.
Keywords: brand image, product variations, satisfaction, costumer loyalty

Full Text:

Download PDF

References


Ghozali, Imam. (2011), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam.( 2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kotler,Philip.(1997), Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics