Strategi Pengembangan Bisnis Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (Plc) Dan Boston Consulting Group (Bcg) ( Studi Pada Moogs Coffee)

Dimas Akbar Firmansyah, Lisa Sulistyawati

Abstract


Café merupakan salah satu usaha yang memiliki banyak pesaing, dibutuhkan strategi yang tepat agar usaha tersebut dapat bersaing dan berkembang. Moogs Coffee perlu mengetahui tahapan dan posisi usahanya saat ini agar mendapatkan strategi bisnis yang baru dan meningkatkan penjualannya berdasarkan konsep Product Life Cycle (PLC) dan Boston Consulting Group (BCG) Matrix Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian ini yaitu data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan kurva Product Life Cycle (PLC) berada pada tahapan pertumbuhan (growth) yaitu tahap dimana produk yang diperkenalkan sudah dikenal dan dapat diterima oleh konsumen. Sedangkan, pada kurva Boston Consulting Group (BCG) Matrix berada pada posisi sapi perah (Cash Cow) yaitu posisi pangsa pasar relative tinggi, tetapi memiliki pertumbuhan pasar yang rendah. Pembahasan penelitian ini menghasilkan konsep Product Life Cycle (PLC) yaitu, strategi produk, strategi harga, dan strategi pemasaran. Sedangkan pada Boston Consulting Group (BCG) Matrix menghasilkan strategi penciutan pasar, strategi diversifikasi, dan pengembangan produk.

Kata kunci: Product Life Cycle (PLC), Boston Consulting Group (BCG) Matrix, Moogs Coffee, Cafe

Full Text:

Download PDF

References


Amirullah, S. M. (2015). Populasi dan Sampel. Malang: Bayumedia Publishing Malang.

Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. : Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 2 No. 1 .

Dinda Septiani, M. A., & Sulistyawati, L. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Product Life Cycle (PLC) dan Boston Consulting Group (BCG) Matriks. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1532–1550. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i6.1171

Dr. Budi Rahayu Tanama Putri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Dr. Ria Arifianti, S. M. (2019). Kebijakan dan Strategi Produksi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Firmansyah, & Aulia. (2020). ANALISIS MANAJEMEN KEUANGAN DESA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DI DESA TASSESE KABUPATEN GOWA. Jurnal Ilmu Manajemen.

Gesta Nabilla, A., & Tuasela, A. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi Di Kota Timika. Jurnal Kritis, 5(2), 21–40.

Griffin, E. (2015). Pengantar BISNIS In Seiko (Vol. 1, Issue 1, pp. 59–65).

Hidayat, R. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). In Jurnal Batusangkar (Vol.5,Issue2).

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid II, edisi 12. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mamentu, S., Tampi, J., & Mukuan, D. (2018). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Berdasarkan Posisi Siklus Hidup Produk Smartphone Samsung di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 7(001), 15–23.

Mucholil, I Gede Oka R, Iman Iswari, Fahmi RS, Indra BP, & Linggar MS. (2021). Pengembangan Pemasaran Desa Batik Jetis Di Era Digital. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.135

Rachman, T., Ritonga, H. M., Fikri, M., Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, Vol. 2 No. 4.

Puteri, F. S., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2019). MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN. JIAGABI ISSN 2302-7150.

Sidabutar, E. (2020). Analisis Sistem Informasi Akuntansi PenjualanDalam Pengambilan Keputusan PenjualanPada Cv. Jaring Citra Lestari Medan. Jurnal STINDO Profesional, 6(4), 104–121.

Sudiarto, A., Afriani, S., & Effendi, Y. (2021). An Analysis of External Factor Evaluation (EFE) Matrix and Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix at Baruna Fish Crackers Business in Kebun Tebeng Village of Ratu Agung Sub-District in Bengkulu City. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 443–452.

Sulasih, S. (2020). Metode Boston Consulting Group (BCG) Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran pada UD. Putra Bangun Furniture Production. Muslim Heritage, 5(1), 133–154. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i1.1961

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021) (Issue September).

Tengku Firli Musfar, S. M. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretaris dan Manajemen Vol. 2 No.2.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretaris dan Manajemen.

Yolanda, F., & Dwiridhotjahjono, J. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Antena HDF Surabaya. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 231–239. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1841

Yopi, Y. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Ditinjau Dari Bauran Pemasaran Untuk Menunjang Perekonomian Di Era Digital Pada Masa Pandemi. 8.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics