Pengaruh Persepsi Harga, Social Media Marketing, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Selat Vien’s Solo)

Dinda Tika Cahya Ningrum, Muzakar Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh presepsi harga, social media marketing, dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variable mediasi studi kasus selat Vien’s Solo. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan selat Vien’s Solo dengan sampel 225 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini Teknik analisis data menggunakan teknik sampling probability sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Smart PLS versi 3.2.9. Metode pengujian data yang digunakan pada penelitian ini meliputi outer model, yang terdiri dari covergent validity, discriminant validity, composite reability, cronbach’s alpha dan uji multikolinieritas. Kemudian inner model yang terdiri dari coefficient determination, goodness of fit, dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa presepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Persepsi Harga, Social Media Marketing, Citra Merk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Brighton, K., & Brighton, K. (2020). Pemasaran mesin pencari dan tren prediksi pemasaran media sosial. 00(00), 1–19.

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282.

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06

Jurnal, A., Brebes, K., & Tengah, P. J. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei ). 1(1), 88–95.

Kusumaningrum, dewi ayu. (2020). Potensi Kuliner Tradisional Khas Keraton Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(3), 302–312.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Muzakar Isa*, dan R. I. (2019). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 98–110. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t082385

Pradipta, M. P. Y. (2021). Potensi Wisata Kuliner Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 17(1).

Pratiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh Kemasan dan Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(1), 23–32.

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Mitra Wacana Media, 4(1), 29–37.

Rosida, & Haryanti, I. (2020). Pengaruh Promosi Online dan Persespsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Nithalian Colletion Bima). Journal of Bussines and Economics Research , 1(2), 150–160.

Roy, P. (Dr. . S. K. (2022). Experiential Marketing. Contemporary Issues In Management & Psychology, 215–227. https://doi.org/10.52458/9789391842185.2022.ch18.eb.asu

Samantha, R., & Almalik, D. (2019). 肖沉 1, 2, 孙莉 1, 2∆, 曹杉杉 1, 2, 梁浩 1, 2, 程焱 1, 2. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics