Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks

Pingkan Ayu Anandhita Rohyadi, Rokh Eddy Prabowo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas yaitu citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks Gajah Mada Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah membeli dan mengkonsumsi kopi Starbucks Gajah Mada Semarang. Jumlah sampel sebanyak 97 responden yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil olah data diperoleh hasil sebagai berikut: instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan, bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebanyak 42,9 persen. Hasil uji t menunjukkan, bahwa semua variabel bebas dinyatakan signifikan. Hasil koefisien regresi semua variabel bebas dinyatakan positif. Dengan demikian semua variabel bebas yaitu citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks Gajah Mada Semarang.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian dan Starbucks

References


Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96-107.

Arfi, S., & Saputro, E. P. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Starbucks (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Clow, Kenneth E. & Donald Baack. (2018). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. Edisi 18. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Diana, A., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Starbucks Coffee Stasiun Gambir). S1 Manajemen, 1-20.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasaan Pelanggan. Edisi 1. Surabaya: Unitomo Press.

Kopi, P. & Geofanny, E. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Laisina, N. J. M., & Fairliantina, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Membeli di Kopi Kenangan Pasar Minggu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(4), 180-189.

Mowen, John, C. & Minor. (2012). Perilaku Konsumen. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.

Putra, J. C., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Kenangan Kota Kasablanka. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 26-39.

Rafli, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen Janji Jiwa Mall Tentrem Semarang. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2506-2516.

Rao, P. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March)

Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1), 60-77.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behaviour (Perilaku Konsumen). Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwastiari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2021). Pengaruh Green Marekting, Kualitas Produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Coffee Di Denpasar. Emas, 2(1).

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada Banaran 9 Coffee and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2).

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wati, R. K., & Gunaningrat, R. (2022). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di “Kopi Joss Wonogiri”. Prosiding HUBISINTEK, 2(1), 206-206.

Wiranata, A. (2021). Analisis Brand Image, Cita Rasa, Harga dan Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada Kelana Kopi (Doctoral Dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Wowor, L. T., Kindangen, P., & Worang, F. G. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Harga, Kualitas Produk dan Suasana terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Kopi Billy Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).

Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 559-573.

Zahroh, A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Janji Jiwa di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics