Pengaruh Copywriting Dan Brand Awareness Terhadap Consumer Interest Pada Produk Menantea

Galuh Widya Pratiwi, Sonja Andarini

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah teknik copywriting dan brand awareness berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap consumer interest produk Menantea. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang mengetahui kehadiran produk Menantea, meskipun belum pernah melakukan pembelian. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Sampel yang diperoleh didapatkan melalui pengisian kuesioner dengan menggunakan Google Form dengan teknik non probability dan metode purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan teknik alat uji analisis data yaitu Analisis Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS 26 dengan pengujian hipotesis menggunakan model statistic yang terdiri dari Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Uji F dan Uji t. Uji Asumsi Klasik yang terbagi menjadi 4 yaitu Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial copywriting memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap consumer interest, sedangkan brand awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap consumer interest. Tetapi, secara simultan copywriting dan brand awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap consumer interest.
Kata Kunci: Copywriting, Brand Awareness, Consumer Interest

Full Text:

Download PDF

References


Anindya, W. D. (2021). Strategi Menulis Teks Promosi (Copywriting) di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Onlinshop. Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 5 (2), 148-155.

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2, 1-19.

Cendriono, N., & Ardiana, T. E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Dawet Jabung yang Dilihat dari Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 188-195.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., & dkk. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori, dan

Implementasi. Banten: Pascal Books.

Hulu, B., Dakhi, Y., & dkk. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 6 No. 2, 16-25.

Jannah, F. A. (2022). Kelas Online Copywriting. Jakarta: SangSang Univ Indonesia.

Juliansyah, E. (2019). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan. Jurnal Ekonomak Vol. 3 No. 2, 19-37.

Mardia, Hutabarat, M. L., & dkk. (2021). Strategi Pemasaran. (R. Watrianthos, & J. Simarmarta, Eds.) Yayasan Kita Menulis.

Muhammad Dian Ruhamak, E. H. (2018). Pengaruh Word of Mouth, Minat Konsumen, dan Branda Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Khusus di Area Kampung Inggris Pare Kediri). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Volume 3 No. 2, 124.

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Asnidar, Ed.) Parepare: CV. Pilar Nusantara.

Pranata, I. D., & Pramudana, K. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Branda Awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen

Unud, Vol. 7, No. 10, 5230-5257.

Ruhamak, M. D., & Sya'idah, E. H. (2018). Pengaruh Word of Mouth, Minat Konsumen, dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus di Area Kampung Inggris Pare Kediri). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Volume 3 No. 2, 124.

Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga dan dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada PT. Samudranesia Tour and Travel Pekanbaru). JOM FISIP, Volume 4 No. 1, 3-4.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2019). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika's Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, Volume 3, No. 1, 102-119.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway di Denpasar. Jurnal Nawala Visual Vol. 3 No. 1, 8-16.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics