Dampak Fandom Key-Pop Indonesia Sebagai Imagined Community Terhadap Keamanan Budaya Nasional

Rizka Shafira Ramadina Ronaldo, Neneng Konety

Abstract


Tujuan pembuatan artikel adalah untuk mengetahui dampak Fandom K-Pop Indonesia sebagai Imagine Community berpotensi mengancam keamanan budaya nasional. Budaya K-Pop saat ini bukan hanya sebagai music namun telah berkembang menjadi life style dikalangan anak muda di Bandung dan di kota besar lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualilatif dengan menggunakan etnografi yang membahas tentang perilaku manusia dalam konteks social budaya. Hasil pembahasan dan diskusi ditemukan bahwa ratusan ribu penggemar K-Pop di Indonesia pada social media sangat mempengaruhi gaya hidup anak muda di Indonesia yang mampu mengikis identitas budaya nasional. Kesimpulan yang diperoleh penulis membuktikan bahwa penggemar K-Pop pada komunitas Fandom memiliki kapabilitas untuk mengancam keamanan budaya suatu negara. Penulis menyarankan agar budaya asing yang diserap oleh generasi muda Indonesia tetap memiliki batasan tertentu agar budaya nasional tidak hilang dan generasi muda Indonesia harus tetap mengembangkan budaya nasional serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa menghilangkan ciri khas Indonesia.

Kata Kunci: Fandom K-Pop, Imagine Community, Korea Selatan dan Keamanan Budaya

Full Text:

Download PDF

References


Afiyanti. (2008). Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), 137–141. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), , 137-141.

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disipin Ilmu. . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Alam. S., N. A. (2017). Musik K-Pop sebagai Alat Diplomasi dalam Soft Power Korea Selatan. International & Diplomacy, 3(1). . International & Diplomacy, 3(1). .

Anggraeni, W. C. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Munculnya Gerakan Radikalisme : Sebuah Sistematika Review. Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 247-269.

C Valenciana, J. P. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 2022 - ojs.uma.ac.id.

Cho, M. (2017). Korean Wave| Domestic Hallyu: K-Pop Metatexts and the Media's Self-Reflexive Gesture. International Journal of Communication, USC, U.S.

Creswell, J. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Darmista. (2015, January 24). kompasiana.com. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ajenkoya/54f90928a33311b9188b4bcf/agresi-budaya-korea-melalui-kpop-di-indonesia

Given. (2008). The Sage encyclopedia of qualitative research methods. SAGE Publications, Inc.

Global., I. (2023, March 5). IGI Global. Diambil kembali dari IGI Global: https://www.igi-global.com/dictionary/we-have-faith-in-apple/64062

Hewson. (2016). Internet Research. https://doi.org/10.1016/S0740-8188(00)00050-5.

Hidayat, H. (2020). Pengaruh dan Ancaman Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia. . Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya, 1(2), https://doi.org/10.55623/ad.v1i2.30, 32-43.

Hyun-su, Y. (2020, June 12). K-pop fans: A diverse, underestimated and powerful force. The Korea Herald. Diambil kembali dari The Korea Herald.: https://www.koreaherald.com/view.php?ud=20200612000721

Idola Perdini Putri, F. D. (2019). K Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF: Jurnal Kajian TV dan Film UNPAD.

IGN Jayanti, I. W. (2022). Korean Pop (K-Pop) Culture Phenomenon On The Behavior Of Indonesian Society. Journal of Art, Film (Prosfisi Journal).

Kellner, D. a. (2006). Media and cultural studies: Keyworks. thuvienso.bvu.edu.vn.

Koentjaraningrat. (2009). Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. . Jakarta: Rineka Cipta.

Lamont. (2015). Research Methods in International Relations. SAGE Publication Ltd.

Linclon., G. (1985). Naturalistic inquiry. Google Books.

Mclaren. (2021). McLaren, C‘They Make Me Very Happy’: Practices, Perceptions, And Affective Connections of K-pop Fans in Canada. Canada theses library sfu.

Nisrina, R. N. (2022). Pengaruh Korean Wave terhadap Ketahanan Nasionalisme Warga Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Nugroho, S. A. (2012). Hallyu dan Indonesia. . Jogjakarta: Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.

Peredaryenko, M. &. (2013). Calibrating the Human Instrument: Understanding the Interviewing Experience of Novice Qualitative Researchers. . Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2013.1449, 1-17.

Romano. (2018). How K-Pop Became a Global Phenomenon. Culture Journal.

Sitompul. (2020). The Hallyu Effect: Persebaran Budaya Pop Hallyu sebagai Ancaman terhadap Juche. Journal of International Relations, 6(2), 267–277. Journal of International Relations, 6(2), 267-277.

Wang, E. S. (2022). Contested fandom and nationalism: How K-Pop fans perform political consumerism in China. Global Media and China, 202-218.

Yeon-soo, K. (2019). 89,000,000 “hallyu” fans worldwide. https://www.koreatimes.co.kr/www/art/2019/01/732_261877.html. Diambil kembali dari koreatimes.co.kr.

김윤미. (2011, June 13). K-pop drives hallyu craze: Survey. Diambil kembali dari The Korea Herald. https://www.koreaherald.com/view.php?ud=20110613000731: https://www.koreaherald.com/view.php?ud=20110613000731




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics