Peran Pemberian Kredit terhadap Kinerja Usaha Melalui Pemahaman Akuntansi pada Pelaku UMKM di Kota Makassar

Nurbayani nurbayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian kredit terhadap terhadap kinerja usaha, pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kinerja usaha, dan interaksi antara pemberian kredit dan pemahaman akuntansi terhadap kinerja usaha pada pelaku UMKM di Kota Makassar. Variabel penelitian yang diuji yaitu pemberian kredit, pemahaman akuntansi dan kinerja usaha. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, melakukan Uji Kualitas data, Uji Koefiseien determinasi, Uji Asumsi Klasik dan uji Hipotesis. Menggunakan Purpossive Sampling sebagai teknik penentuan sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kredit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja usaha, pemahaman akuntansi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja usaha dan tidak terdapat interaksi antara pemberian kredit dan pemahaman akuntansi terhadap kinerja usaha pada pelaku UMKM di Kota Makassar. Hasil Penelitian ini dapat berimplikasi pada pemerintah, pelaku dan calon pelaku UMKM bahwa pemberian kredit yang diterima dari lembaga keuangan sebagai tambahan modal usaha sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kata-kata kunci : Pemberian Kredit, Pemahaman Akuntansi, Kinerja Usaha, UMKM.



DOI: https://doi.org/10.6234/sejaman.v3i1.479

DOI (Download PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.6234/sejaman.v3i1.479.g281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics