Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA Negeri 16 Makassar di Makassar
Abstract
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel pola Pendidikan dan Pelatihan, Kepemimpinan, Tanggungjawab dan Kompensasi berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri 16 Makassar. Hasil perhitungan olahan data komputer yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor pelatihan (X1) dengan koefisien beta (b1) sebesar 0,811 dengan level signifikan 0.000<0,05 yang bjrarti terdapat pengaruh yang signifikan. faktor kepemimpinan (X2) dengar Koefisien beta (b2) sebesar 0,865 dengan level signifikan 0.000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Tanggungjawab (X3) dengan koefisien beta (b3) sebesar -0,777 dengan level signifikan 0,000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan. kompensasi (X4) dengan koefesien beta (b4) sebesar 0,277 dengan level signifikan 0,001 <0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan
Di harapkan perubahan penting kepada semua guru yang mengikuti pelatihan sesuai potensinya, dapat memberi kontribusi yang lebih dimasa yang akan datang. di sarankan dengan pengelolaan bahwa dengan pemberian konpensasi yang pantas dan tinggi berupa, insentif, bonus, dan lain-lain guru akan puas dengan apa yang telah mereka kerjakan. penelitian ini menjadi relevan bagi perkembangan ilmu manajemen sumber daya manusia dan menjadi referensi yang bermanfaat bagi peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: pendidikan dan pelatihan, kepemimpinan, tanggung jawab, kompensasi
Full Text:
Download PDFReferences
Basalamah A. Abdurrahman. dkk, 2011. Filsafat Manajemen dan Etika Bisnis. Penerbit Umitoha Makassar.
Davies John, 2011. Perilaku Organisasi, Terjemahan Agus Darama. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Firman T, 2013, Analisis Faktor yang Berpengaruh Tertiadap Kinerja Guru SLTP di Kabupaten Bone, Universitas Muslim Indonesia.
Gibson, James L, John M. Ivancevic dan James H. Donnely, 2010. Organisasi dan Manajemen. Terjemahan: Djarkasih, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta.
Hj. Sahariah, 2013. Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi kerja gum SMK Negeri Makassar. Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Mantja, Willem. 2012, Manajemen Kependidikan dan Supervisi Pengajaran, Wineka Media. Jakarta.
Moesanef, 2010. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Gunung Agung. Jakarta.
Mulyasa E, Dr. 2018. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Penerbit PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Mustafa, 2015, Analisis Kompetensi Guru yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Sekolah menengah Kejuruan (SMK) Se Kota Makassar. Universitas Muslim Indonesia.
Nitisemito, Alex, 2011. Manajemen Personalia, BPEF Gajah Mada Yogyakarta.
Nurdin Syarifuddin. H, 2015. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Penerbit Quantum Teaching. Jakarta.
Pidarta Made, 2010. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Get I. Buki Aksara, Jakarta.
Raharjo, Dawan. 2010, Keluardan Kemelut Pendidikan Nasional, Jakarta
Rival, Veithzal, 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Safaria Triantoro, 2014. Kepemimpinan, Penerbit Garaha llmu, Yogyakarta.
Sahertian, Piet A. 2012. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta.
Surakhmad. 2012. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Metodologi Pengajaran. Tarsito, Bandung.
Syamsuddin, 2011, Analisis Pengaruh Berbagai Faktor Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Takalar. Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Terry, GR., 2015. Human Resource Management Published by McGraw Hill, USA.
Uno, B. Hamzah.H, 2017. Profesi Kependidikan Problema, So/us/ dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Wijaya dan Rustam, 2011. Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdd Karya, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4801
Refbacks
- There are currently no refbacks.