Pengaruh Atmosfer Gerai, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Hypermart Cikarang

Diyah Kusumawaty, Syahrul Alim, Kurbandi Satpatmantya

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Pengaruh Atmosfer Gerai (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Promosi (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah pelanggan Hypermart Cikarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan sampel sebanyak 100 responden yaitu pelanggan Hypermart Cikarang. Pelanggan yang pernah melakukan transaksi pembelian di Hypermart Cikarang. Pengumpulan data menggunakan survei dengan bantuan skala likert dari 1(sangat tidak setuju) sampai 4 (sangat setuju). (Analisa data kuantitatif mencakup analisis determinasi dan regresi linear berganda (simultan), serta uji hipotesis uji-t dan uji-F. Hasil pengolahan data dengan program software SPSS. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 2.465+ 0,584 X1+ 0,172 X2 + 0,336 X3. Nilai F hitung sebesar 71.979 dengan nilai signifikansi 0,000, artinya secara serentak seluruh variabel pengaruh atmosfer gerai, kualitas pelayanan, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Hypermart Cikarang. Semakin tinggi pengaruh atmosfer gerai, kualitas pelayanan dan promosi akan semakin meningkatkan keputusan membeli. Namun variabel kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap keputusan membeli. Semakin kurangnya kualitas pelayanan akan menurunkan keputusan pembelian karena kualitas pelayanan yang ditawarkan sangat berpengaruh.

References


Atmaja, D. R., & Edison, A. (2022). Anteseden Pembelian Impulsif di Pasar Ritel Modern: Pembelajaran dari Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 119–136. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.553

Fadilata, V., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Price Discount, Sales Promotion dan Service Quality terhadap Impulse Buying Behavior saat Pandemi Covid-19 pada Konsumen Indomaret Kelurahan Tembalang Kota Semarang. Diponegoro Journal of Accounting, 11(1), 1–9.

Hanum, Fauziah; Rambe, Bhakti Helvi; Harahap, Nova Jayanti; Prayoga, Yudi; Pohan, M. Y. A. (2023). THE IMPORTANT ROLE OF ADOPTING THE USE OF TECHNOLOGY IN UNIVERSITIES AFTER COVID-19: APPLICATION OF THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 10(1), 74–80.

Negara, A. A. B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Atmosfer Ritel dan Promosi terhadap Impulse Buying yang dimediasi Emosi Positif. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3944–3973. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i07.p18

Ningsih, J. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Display Produk Dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Di Mirota Kampus Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 5(02), 190–203.

Rani, N. P. K. D., & Purnami, N. M. (2019). Peran Shipping Emotion dalam Memediasi Pengaruh Atmosfer Ritel dan Promosi terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(6), 3873–3901. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p21

Siregar, M. (2019). Pengaruh Promosi dan Pelayanan Ritel terhadap Pembelian Impulsif di Ramayana Mall Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(3), 63–70.

Yanny, A., & Sianturi, R. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ritel dan Atmosfir Gerai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mini Market Bina Karya. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 54–60.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics