Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepercayaan Konsumen Berrybenka di Shopee

Wiwin Kusuma Pratiwi, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas informasi terhadap kepercayaan konsumen produk berrybenka di shopee. 2) Menganalisis pengaruh kepercayaan, kualitas dan kualitas informasi pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen produk berrybenka di shopee. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan tergolong penelitian korelasi. Unit analisis pada penelitian ini merupakan individu atau konsumen yang memutuskan untuk membeli melalui Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee di Indonesia. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel harus memenuhi jumlah minimal sampel yang dibutuhkan untuk penerapan model Structural Equation Modeling (SEM) sejumlah 100 hingga 200 sampel. Dilakukan dengan 4 tahap yaitu: uji kualitas data, pengujian structural equation model (SEM), uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menandakan bahwa pengaruh langsung kepercayaan terhadap keputusan pembelian lebih besar dibandingkan pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian, Kepercayaan.

Abstract
This study aims to 1) Analyze the effect of service quality and information quality on consumer trust in shopee berrybenka products. 2) Analyzing the effect of trust, quality and quality of service information on consumer purchasing decisions for berrybenka products at shopee. This research uses qualitative descriptive analysis and is classified as correlation research. The unit of analysis in this study is an individual or consumer who decides to buy through Shopee. The population in this study were Shopee consumers in Indonesia. This study uses non probability sampling with purposive sampling technique. The number of samples must meet the minimum number of samples required for the application of the Structural Equation Modeling (SEM) model of 100 to 200 samples. Conducted with 4 stages, namely: data quality test, structural equation model (SEM) testing, classical assumption test and hypothesis testing. The results of this study indicate that the direct effect of trust on purchasing decisions is greater than the effect of information quality on purchasing decisions through trust. It can be concluded that there is no effect of information quality on purchasing decisions through trust.

Keywords: Service Quality, Information Quality, Purchase Decision, Trust.

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Marketing: an introduction. Pearson Educación.

Darmawan, M. R., Cahaya, Y. F., & Erasashanti, A. P. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAKET. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen TRI BISNIS, 2(2), 129–140.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.

Ghozali, I., & Dan, S. E. M. T. K. (2017). Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian daring di aplikasi bukalapak pada mahasiswa politeknik negeri batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Hardiawan, A. C., & SUGIONO, S. (2013). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online (studi pada pengguna situs jual beli online tokobagus. com). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Hootsuite, W. A. S. (2021). Digital 2021: Global Overview Report. DataReportal–Global Digital Insights.

Juliana, J., Djakasaputra, A., Pramono, R., & Hulu, E. (2021). Brand Image, Perceived Quality, Ease Of Use, Trust, Price, Service Quality On Customer Satisfaction And Purchase Intention Of Blibli Website With Digital Technology As Dummy Variable In The Use Of Eviews. Journal of Critical Reviews.

Kusnendi, E. S. (2005). Panduan Operasional Metode Penelitian Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kwon, O., Lee, N., & Shin, B. (2014). Data quality management, data usage experience and acquisition intention of big data analytics. International Journal of Information Management, 34(3), 387–394.

Liébana-Cabanillas, F., Higueras-Castillo, E., Molinillo, S., & Montañez, M. R. (2019). Assesing the role of risk and trust in consumers’ adoption of online payment systems. International Journal of Information Systems and Software Engineering for Big Companies, 5(2), 99–113.

McDowell, W. C., Harris, M. L., & Gibson, S. G. (2013). The influence of communication and information quality on trust in the small business supply chain. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 18(2), 21–38.

Pratama, B. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi kasus pada Masyarakat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Resmanasari, D., Ruswandi, W., & Setiadi, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Persepsi Akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online. Jurnal Ekonomak, 6(2), 16–23.

Romario, Y. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI RESIKO, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi kasus pada karyawan PT. Jakarta Teknologi Utama). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Sharma, S. K., & Sharma, M. (2019). Examining the role of trust and quality dimensions in the actual usage of mobile banking services: An empirical investigation. International Journal of Information Management, 44, 65–75.

Simamora, B. (2011). Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Aziz Alimul, Hidayat. 2007. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika Berman, Barry, and Joel R. Evans, 2007, Retail Management. Am J Manag Care, 17, 41–48.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Tanjaya, S. C., Mananeke, L. L., & Tawas, H. N. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Instagram. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi: Yogyakarta.

Turban, E., Strauss, J., & Lai, L. (2012). Social commerce. Springer.

Wahyuni, Y., & Huda, A. S. M. (2019). Pemantauan kesehatan gizi ibu hamil dilihat dari pertambahan berat badan dan pengukuran lingkar lengan atas (LILA) berbasis e-digital. Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, 16(1), 235–244.

Zhou, T. (2013). An empirical examination of continuance intention of mobile payment services. Decision Support Systems, 54(2), 1085–1091.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics