Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Return On Asset dan Discretionary Accrual

Benanda Ghina Permatasari, Astrie Krisnawati

Abstract


Sektor pariwisata merupakan kontributor terbesar bagi PDB nasional Indonesia, dengan tiga pilar utama yang terdiri dari akomodasi, makanan, dan atraksi, serta menyediakan produk tujuan wisata, layanan, dan desain tujuan pariwisata. Perusahaan-perusahaan di sub-sektor ini terus tumbuh dari tahun ke tahun, sehingga aktivitas dalam industri ini semakin meningkat. Akibatnya, tindakan perusahaan menjadi sulit dikendalikan. Maka perusahaan harus menerapkan kebijakan Pengungkapan CSRD. Penelitian memiliki tujuan untuk evaluasi dampak CSRD pada ROA dan DAC pada sub sektor pariwisata dan rekreasi yang ada di IDX tahun 2017-2021. Pendekatan analisis data penelitian ini adalah pengambilan sampel non-probabilitas menggunakan purposive sampling dan diperoleh 13 sampel dari perusahaan pariwisata dan rekreasi. Hipotesis penelitian ini yakni DAC dan ROA dipengaruhi secara signifikan oleh CSRD. Hasil penelitian menunjukan CSRD mempengaruhi ROA secara signifikan namun tidak signifikan pada DAC.

Kata Kunci: Pariwisata, CSRD, ROA, DAC

Full Text:

Download PDF

References


Ainy, R. N., GUSTYANA, T. T., & ... (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Sektor Perdagangan Di Bursa Efek Indonesia …. EProceedings …, 4(2), 1–6.

Alexander, N., & Palupi, A. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Reporting Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 105–112. https://doi.org/10.34208/jba.v22i1.628

Ardiani, N. L. N., & Sudana, I. P. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Reporting Terhadap Manajemen Laba. Center Economic Student Journal, 2(1), 1818–1833. https://doi.org/10.34208/jba.v22i1.628

Bunga, E., & Krisnawati, A. (2019). Analisis Corporate Social Responsibility Disclosure Dan Financial Performance Pada Perusahaan Perbankan Dengan Variabel Kontrol Company Size Dan Leverage. ISEI Accounting Review, 3(1), 8–13.

Djuitaningsih, T., & Marsyah, W. A. (2012). Pengaruh Manajemen Laba Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap. Media Riset Akuntansi, 2(2), 187–211.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic Econometrics. In Introductory Econometrics: A Practical Approach (5th ed.). McGraw-Hill.

Guthrie, P. J., Ward, L., & Amatil, C. (2006). LEGITIMACY THEORY: A STORY OF REPORTING SOCIAL AND ENVIRONMENTAL MATTERS WITHIN THE AUSTRALIAN FOOD AND BEVERAGE INDUSTRY. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.

Jumingan. (2005). Analisi Laporan Keuangan. Bumi Aksara.

Mallin, C. A. (2009). Corporate Social Responsibility A Case Study Approach (Vol. 5, Issue 3). Edward Elgar Publishing.

Moerdiyanto. (2010). Tingkat Pendidikan Manajer dan Kinerja Perusahaan Go-Public (Hambatan atau Peluang?). FISE Universitas Negeri Yogyakart, 1–18.

Price, D. A. N., Book, T. O., Terhadap, V., & Saham, H. (2020). Pengaruh Return on Assets, Return on Equity, Earning Per Share Dan Price To Book Value Terhadap Harga Saham. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 5(1), 33–49. https://doi.org/10.35968/jbau.v5i1.377

Pulungan, S., & Krisnawati, A. (2021). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SUBSEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.273

Purbawangsa, I. B. A., Solimun, S., Fernandes, A. A. R., & Mangesti Rahayu, S. (2020). Corporate governance, corporate profitability toward corporate social responsibility disclosure and corporate value (comparative study in Indonesia, China and India stock exchange in 2013-2016). Social Responsibility Journal, 16(7), 983–999. https://doi.org/10.1108/SRJ-08-2017-0160

Putra, A. S. (2015). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013 ). Jurnal Nominal, 4(2), 88–110.

Rahmawardani, D. D., & Muslichah, M. (2020). Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 12(2), 52–59. https://doi.org/10.23969/jrak.v12i2.2251

Rahmawati, I. A., Rikumahu, B., & Dillak, V. J. (2017). Pengaruh dewan direksi, dewan komisaris, komite audit dan. Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri, 2(2), 54–70.

Rohmaniyah, A., & Khanifah, K. (2018). Analisis Manajemen Laba Pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 9–15. https://doi.org/10.31942/akses.v13i1.3225

Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian Kuantitattif, Kualitatif dan Tindakan (N. Falah (ed.); 3rd ed.). PT. Refika Aditama.

Tyas, Y. I. W. (2020). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Elzatta Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 28–39.

Waaqiah, N., Mubyarto, N., & Orinaldi, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2019. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 19–32. https://doi.org/10.24815/jdab.v3i2.5384.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics