ANALISIS POSITIONING E-WALLET BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING

Sofyan Shaury

Abstract


ABSTRAK
Indonesia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara di mana pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Industri digital di Indonesia terus menunjukkan perkembangannya. Dampak dari kemajuan ini menghadirkan inovasi di bidang pembayaran digital. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan sampel berasal dari individu yang menggunakan salah satu e-wallet dan mengetahui semua e-wallet selain yang digunakan, sebanyak 137 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korespondensi dengan SPSS23. Hasil analisis korespondensi adalah bahwa setiap dompet elektronik memiliki kelebihannya sendiri yang tidak dimiliki dompet elektronik lain. Selain itu Dimensi 1 (d1) aman, dan Dimensi 2 (d2) mudah digunakan. Dalam atribut manfaat OVO lebih unggul dari e-wallet lainnya, atribut keamanan dapat dilihat DOKU lebih unggul dari e-wallet lainnya dan atribut GOPAY kemudahan penggunaan dan e-wallet kedua DANA dianggap oleh konsumen sama dalam hal kelebihan yang dibawanya. GOPAY diketahui bahwa e-wallet memiliki kemudahan menggunakan yang terbaik di antara atribut lainnya dengan pesaing terdekatnya DANA, OVO diketahui bahwa e-wallet memiliki kelebihan di antara atribut lainnya, OVO harus membuat strategi untuk merespons persaingan dengan GOPAY dan LINK AJA. LINK AJA cenderung dianggap oleh konsumen dalam kondisi netral antara keamanan dan kemudahan penggunaan dan DANA diketahui bahwa e-wallet memiliki kemudahan penggunaan.

Kata kunci: “Positioning, e-wallet, analisis korespondensi”.

References


Batari dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. SEIKO: Journal of Management and Business. Vol.2(1), 1.

Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi 2. Surabaya: Kencana Prenada Group.

Dac-Nhuong Le dkk (eds.). 2019. Cyber Security in Parallel and Distributed Computing. Scrivener Publishing LLC:Vietnam. Hal. 245–262.

Desy Yuliastuti. 2017. 3 Era Perkembangan Digital Payment di Indonesia .http://www.digination.id/read/01513/3-era-perkembangan-digital-payment-di-indonesia Dikunjungi pada tanggal 17 Maret 2019.

Hair dkk. 2014. Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. England and Associated Co: England.

Hawkins, Del I. and Mothersbaugh, David L. 2013. Consumer Behavior Twelfth Edition. McGraw-Hill.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing, Global Edition, 17 Edition, USA: Pearson Education.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Mangement, Global Edition, 15e Edition, USA: Pearson Education. Erlangga.

Marketing.co.id. 2018. Millennial Indonesia Lebih Sukai Transaksi Nontunai. https://marketing.co.id/millennial-indonesia-lebih-sukai-transaksi-nontunai/ Dikunjungi pada tanggal 10 Maret 2019.

Pangastuti, Anissa dkk. 2013. Pemetaan Persepsi Merk Laptop Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Analisis Korespondensi Berganda(Studi kasus: Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang).Prosiding Seminar Nasional Statistika, Semarang: Universitas Diponegoro.

Ruisa Khoiriyah. 2017. 5 Perbedaan E-Money dan E-Wallet Ini Perlu Kamu Ketahui. https://www.halomoney.co.id/blog/mengenal-perbedaan-uang-elektronik-e-money-dan-e-wallet. Dikunjungi pada tanggal 21 Maret 2019.

Sanghita Roy, Dr. Indrajit Sinha. 2014. Determinants of Customers’ Acceptance of Electronic Payment System in Indian Banking Sector – A Study. International Journal of Scientific & Engineering Research, Volume 5, Issue 1, January-2014 179 ISSN 2229-5518.

Sari Ferika. 2019 . Hingga November 2018, transaksi uang elektronik tembus Rp 5,19 triliun. Kontan https://keuangan.kontan.co.id/news/hingga-november-2018-transaksi-uang-elektronik-tembus-rp-519-triliun Dikunjungi pada tanggal 12 Maret 2019.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. 2010. Consumer Behavior. 10th ed. Upper.

Sindhi Aderianti. 2018. Berbagai e-Wallet alias Dompet Digital yang Sedang Tren di Indonesia. https://www.cekaja.com/info/berbagai-e-wallet-alias-dompet-digital-yang-sedang-tren-di-indonesia/ Dikunjungi pada tanggal 20 Maret 2019.

Syahputra, B. 2014. Analisis Positioning Jasa Transportasi Travel Bandung- Jakarta PP Berdasarkan Persepsi Pelanggan di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol. 14(2): 128-139.

Teoh dkk. 2013. Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis. Internet Research. Volume 23.Issue.24.pp.465-485

Yuliana, R. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, dan Positioning serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Semarang. Jurnal STIE Malang. Vol. 5, No. 2, Juni 2013.

Zukhrufah DA. 2018. 5 Produk e-Wallet Paling Populer di Indonesia. https://review.bukalapak.com/finance/5-produk-e-wallet-paling-populer-di-indonesia-84685 . Dikunjungi pada tanggal 12 Maret 2019.


Article Metrics

Abstract view : 127 times
Download PDF (Bahasa Indonesia) - 3 times

DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics