Pengaruh Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Tokopedia

Ratu Chaterine Fajri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana review dan rating di marketplace tokopedia mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen marketplace tokopedia di Bandar Lampung. Pengambilan sampel purposive digunakan dalam hubungannya dengan strategi pengambilan sampel non-probabilitas. Sampel penelitian sebanyak 96 responden yang pernah melakukan pembelian di marketplace tokopedia. Tujuan dari proses analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengevalusi hipotesis. Software PLS (Partial Least Square) digunakan dalam penelitian ini. Menurut temuan penelitian, ulasan memiliki dampak yang lebih besar pada keputusan membeli daripada peringkat. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh review dan rating sebesar 63%.

Kata Kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Buchari, Alma. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta. Bandung.

Guo, G. et al., 2014. Leveraging prior ratings for recommender systems in e-commerce. Electronic Commerce Research and Applications, 13(6),pp.440–455.

https://www.statista.com/statistics/1012516/indonesia-number-monthly-web-visits-tokopedia-quarter/, diakses pada tanggal 15 Maret 2022 pukul 15.23 WIB.

https://www.tokopedia.com/about/our-story/, diakses pada tanggal 10 Maret 2022 pukul 17.02 WIB.

Li, Na. & Zhang, Ping. 2002. Consumer Online Shopping Attitudes And behavior: An Assessment Of Research. Eighth Americas Conference on Information Systems.

Megawati, Nana. 2018. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Shop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada pada Mahasiswa Feb Unila)” Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mo, Z., Li, Y. & Fan, P., 2015. Effect of Online Reviews on Consumer Purchase

Behavior. Journal of Service Science and Management, 8(June), pp.419–424.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics