Pengarh Islamic Branding, Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Kota Samarinda

Trisna Pitaloka Wulan Dari, Finnah Fourqoniah

Abstract


Wardah adalah brand kosmetik halal asli indonesia yang berdiri sejak tahun 1995 di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PT.PTI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Islamic Branding, Word of Mouth, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan olah data primer melalui kuisioner yang dibagaikan dan disebar kepada pengguna produk Wardah di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunkan sampel sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling. Untuk alat analisis yang digunakan dengan program software SPSS Ver.25 for Windows. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan Kualitas Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Hasil analisis menunjukkan bahawa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Islamic Branding, Word of Mouth, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Kota Samarinda.
Kata Kunci : Islamic Branding, Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Hendryadi, suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif. KENCANA.

Kemenperin.id. (2018). http://ikft.kemenperin.go.id/pertumbuhan-ind

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Page 1 Prinsip-prinsip Pemasaran i Edisi keduabelas Jilid 1 philip kotler Northwestern ... ( PDFDrive ).pdf (pp. 1–367).

Matheos, I. M., Soepeno, D., & Raintung, C. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 973–983. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38560

Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management (3rd ed.). Ghalia Indonesia.

Oktavianto, Y. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus Di Kota Batu. Manajemen Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.22219/jmb.v3i1.1715

Purwanto, M. T., Absor, U., & Yuliastuti, W. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Melalui Word Of Mouth Di Kabupaten Brebes. Jurnal Strategik, 10(1). https://www.topbrand-award.com/,

Sangadji, S. E. mamang. (2013). perilaku konsumen. CV Andi 0ffset.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian. CV BUDI UTAMA. https://books.google.co.id/books?id=SizGDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics