Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare

Ramli Ramli, Suryanti Suryanti, Budiandriani Budiandriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan transaksi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare dan diambil sampel sebanyak 30 orang pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,473. Jika kualitas pelayanan meningkat sebesar 1% maka kepuasan pelanggan akan naik sebesar 0,473. Kemudian dari output tersebut diperholeh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,251 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 25,1%.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan. PT Pos Indonesia

Full Text:

Download PDF

References


Arifuddin, S. P., & SE, M. (2022). PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN SDM. Feniks Muda Sejahtera.

Ibrahim, D., & Arifuddin, A. (2022). Pengaruh Citra dan Kualitas Pelayanan Sterhadap Keputusan Pembelian Tiket Pada PT Mirama. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(1), 81–92.

Manopo, K. Y. W., & Widayanto, W. (2019). Pengaruh E-Service Quality Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction (Studi Kasus pada Mahasiswa FISIP UNDIP yang Pernah Melakukan Pembelian di OLX. co. Id). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 47–59.

Murdifin, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Danamon Cabang Makassar. Celebes Equilibrum Journal, 1(2), 23–33.

Setyo, P. E. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen “best autoworks.” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Siagian, S. P. (2008). Manajemen sumber daya manusia.

Tjiptono, F. (2012). Service Management, Edisi Kedua. Yogyakarta: Cv Andi. Hal, 174.

Tsauri, S. (2014). Manajemen kinerja performance management.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics