Pengaruh Bauran Pemasaran dan Informasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Subsidi

Akhmad Fajar, Chalid Imran Musa, Rahmatullah Rahmatullah, Najamuddin Nasuha, Muhammad Rakib

Abstract


Rumah merupakan tempat tinggal yang menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia selain pakaian dan makanan. PT TIGA MAHA REWA hadir sebagai salah satu developer perumahan yang turut andil berkontribusi memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan harga terjangkau dengan keunggulan keunggulan yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang bauran pemasaran dan informasi produk yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah di PT TIGA MAHA REWA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel user atau penghuni PT TIGA MAHA REWA sebanyak 73 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis meliputi uji normalitas, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian rumah, informasi produk tidak terlalu berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah, dan secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan bauran pemasran dan informasi produk terhadap keputusan pembelian rumah di PT TIGA MAHA REWA.

Full Text:

Download PDF

References


Amalia, N. (2019). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). In JSMB (Vol. 6, Issue 2). http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

Arisanti, D., Kilimandu, I., & Kilimandu STIA Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, I. (2022). Marketing Mix of Dry Bulk Market Share at Jamrud Terminal.

Claudia, D., Simanjuntak, Y., & Ginting, W. A. (2022). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF MARKETING MIX ON CUSTOMER LOYALTY IN THE SOCIETY 5.0 ERA. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Darimi, I. (2017). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (Vol. 1, Issue 2).

Erpurini, W., & Janah, W. S. (2022). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Konsumen E-commerce (Studi Kasus: Pembelian Produk Shopee.co.id pada Karyawan Borma Toserba Bandung). Jurnal EMT KITA, 6(2), 244–248. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.621

Husaeni, U. A. (2017). THE INFLUENCE OF MARKETING MIX ON DECISIONS TO BE A ISLAMIC BANKING CUSTOMER IN CIANJUR REGENCY. 10, 2017.

Karsono, L. D. P., & Salma, L. F. (2023). The impact of 9P’s of marketing mix strategy towards the decision to purchase halal tourism services. Journal of Islamic Economics Lariba, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.20885/jielariba.vol9.iss1.art1

Khaerunnisa, A., & Pardede, R. P. (2021). Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Tahu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 631–640. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i3.1213

Mir-Bernal, P. (2022). THE ULTIMATE THEORY OF THE MARKETING MIX: A PROPOSAL FOR MARKETERS AND MANAGERS. International Journal of Entrepreneurship, 26(1). https://www.researchgate.net/publication/359160575

Ningsih, S., & Pradanawati, L. (2021). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE AND PROMOTION ON PURCHASE DECISION (Case Study on Gea Geo Store). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Sembiring, E. F., & Sunargo, ; (2022). Pengaruh harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar Batam. In Jurnal Paradigma Ekonomika (Vol. 17, Issue 1).

Setiawan dan Sugiono Sugiharto, W. M. (2014). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA TIPE G DI SURABAYA. In Jurnal Manajemen Pemasaran (Vol. 2, Issue 1).

Supriyanto, M., & Taali, M. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP DI THE SUN HOTEL MADIUN (Vol. 2).

Suri, D., Pgri, S., & Lampung, B. (2019). PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PERWUJUDAN PEMBANGUNAN NASIONAL Utilization of Communication Media and Information for Embody National Development (Vol. 17, Issue 2).

Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PT. BERLIAN BERSAUDARA PROPERTINDO (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 dan Taman Arizona 3 di Talang Jambi Palembang).

Tamara, S., Alie, J., & Wadud, M. (2021). The Effects of Brand Image and Price on Purchase Decision of Vivo Smartphones in Pampangan District. In International Journal of Marketing & Human Resource Research (Vol. 2, Issue 1).

Wahyoedi, S. (2020). The Role Of Brand Image In Mediating Service Quality And Promotion Towards Decisions To Buy Car On Credit In The Covid-19 Period (Study Case At Pt Maybank Indonesia Finance Dki Jakarta And Tangerang Branch). International Journal Of Science. http://ijstm.inarah.co.id

Wedanimbi Octaviani, M., Indriani, Y., Situmorang Jurusan Agribisnis, S., Pertanian, F., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2014). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN JUS BUAH SEGAR BANDAR LAMPUNG (The Influence Of Customer Behavior Towards Taking Decision Of Buying Fresh Juice In Bandar Lampung). In JIIA (Vol. 2, Issue 2).

Wenda Rumondor, P., Tumbel, A. L., J Ogi, I. W., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk. Harga 1102 Jurnal EMBA, 5(2), 1102–1112.

Widyasari, S., & Fifilia, E. T. (2009). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH ( Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang ).

Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2). https://doi.org/10.18196/mb.11295




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics