Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Pasta Gigi Pepsodent Di Kecamatan Sedati)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan pasta gigi Pepsodent di Kecamatan Sedati. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
Download PDFReferences
Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian
Teoritis). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 504–509.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Althazia, D., & Aziz, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk YOU Transmart Padang. Bina Bangsa Ekonomika, 15(2), 601–615. doi: 10.46306/jbbe.v15i2
Amilia, S., & Asmara Nst, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.
Amy Mullins, M. R. (2017). Macrame For Beginners and Beyond (D. & Charles (ed.)). Andi, R. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan. Ecodemica (2 (ed.)).
Anggraeini, D., Lie, D., Butarbutar, M., & Halim, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Wifi.Id Pt Telekomunikasi Indonesia Tbk. Witel Sumut. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 1–10. doi: 10.37403/sultanist.v5i1.79
Ariani, D. W. (2017). Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Indonesia: Ghalia. Assauri. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Ayu Nandra, R., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Skin Care Ms Glow. Reslaj : Religion Education Social Laa Raiba Journal, 4(6), 1725–1742. doi: 10.47476/reslaj.v4i6.1249
Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukses Makmur di Jember. Inovasi Penelitian, 2(1), 181–190.
Danang, S. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus) (3rd ed.). Jakarta: PT. Buku Seru.
Erica, D., & Al Rasyid, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16(2). doi: https://doi.org/10.31294/jp.v16i2.3893
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32. doi: 10.20527/jwm.v7i1.173
Fadhli, K., & Dwi Pratiwi, N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Fajar, L. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.
Griffin. (2019). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Indasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Irawan. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kolonio, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, dan Consumer Satisfaction terhadap Customer Loyalty Pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 831–840. doi: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22910
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing (7th ed.). Jakarta: Salemba Empat. Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, IV(2), 60–69.
Rachmawati, D. (2021). Peranan Kepuasan Sebagai Mediasi dalam Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Lipstik Sariayu. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).
Riadi, M. (2020). Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif dan Tingkatan). Kajian Pustaka. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas-produk-pengertian- manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.html
Rusmiati, & Zulfikar, R. (2018). Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Dekatsu Di Cihampelas Cillin.
Setiadinanti, F., & Nurhayati, I. K. (2019). Pengaruh Pemberian Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek Puyo Silky Dessert Di Kota Bandung. Ilmiah Manajemen UPB, 7(1), 49–56. doi: https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.901
Setiawan, D., & Kurniasih, N. C. (2020). Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Satwa Prima Utama (Studi pada RJ Farm Amir Atanudin Kp. Pasir Jati Desa Lebak Wangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 11(1), 55–64.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5571
Refbacks
- There are currently no refbacks.