Hubungan Kualitas Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smarthphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Faklutas Ekonomi Universitas Buana Perjuanagan)

Moh Fachrizal Nurhanansyah, Solehudin Solehudin, Didit Supriyadi

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan dari kualitas produk dan harga dengan keputusan pembelian smartphone Samsung. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Buana Perjuangan Karawang sebanyak 100 responden. Sampel dipilih menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik penelitian statistik kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner, media online, buku, jurnal dan penelitian terdahulu. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 24.0 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa variabel kualitas produk berhubungan positif yang sangat kuat dengan keputusan pembelian dengan nilai tx1y = 13,73 > ttabel = 1,29025, variabel harga berhubungan positif yang sangat kuat dengan keputusan pembelian dengan nilai tx1y = 12,05 > ttabel = 1,29025, dan variabel kualitas produk dan harga berhubungan positif yang sangat kuat dengan keputusan pembelian dengan nilai tx1y = 39,89 > ttabel = 1. Semakin rendah Kualitas Produk maka semakin rendah keputusan pembelian smartphone Samsung. Semakin tinggi Harga maka semakin rendah keputusan pembelian smartphone Samsung.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang rendah serta harga yang relatif tinggi memiliki hubungan yang positif terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Abdurrahman, Susanti. 2019 Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia

ALMA, BUCHARI. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. ALFABETA:

BANDUNG.

Ari Setyaningrum. 2017. Prinsip-Prinsip Pemasaran, CV. Andi Offset,

Yogyakarta.

Armstrong, Michael. (2019). A Handbook Of Human Resource Management Practice Edition 10. London : Kogan Page.

Dermawan, Rizqi. 2020. Pengambilan Keputusan, Bandung : Alfabeta.

DHARMESTA, BASU SWASTHA. 2018. Azas-azas Marketing. LIBERTY: YOGYAKARTA.

Farli Liwe, (2017), Kesadaran Merek, Keragaman Produk, dan Kualitas

Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen

Membeli di Kentucky Fried Chicken Manado, Jurnal EMBA, Volume 1,

No 4, Halaman 2109.

GINANJAR DAN YUNTAWATI, (2018), KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE (MALANG : UMM,2016)

Handoko, T. Hani. (2019). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hendra Fure, (2018).Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas

Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional

Bersehati Calaca, Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.

Irum. 2020. “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Rumah pada Perumahan D’Cassablanca di Samarinda”, ISSN 2355-5408, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id.4 (2) 590-604. 2016.

Kotler, 2017, menjelaskan tentang teori Kualitas Layanan, pengertian : tangible,

reliability, responsiveness, assuranc, emphathi. Dalam Penelitian

terdahulu, Yeni Marlina (2015).

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller, 2018. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Armstrong. 2019. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition.

England: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2018. Manajemen Pemasaran, Edisi 13

Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler Phillip, Kevin Lance Keller. 2018. Marketing Management 14th edition.

Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip ., and Armstrong. 2018. Marketing Management. 14th Edition.

Pearson Prentice Hil.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2019, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan,

Jilid 1, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.

Lichtenstein, David R., Nancy M. Ridgway and R. G. Netemeyer. (2018). “Price Perception and Consumer Shopping Behavior: A Field Study”. Journal of Marketing Research. Vol 30, pp234.

Michael Porte , dalam Handoko (2019), lima sumber dalam kekuatan persaingan,

memahami sikap Perusahaan. Dalam Penelitian terdahulu, Yeni

Marleni (2015).

MURSID, M, DRS. (2017). Managemen Pemasaran. JAKARTA: BUMI AKSARA.

Mustika, Sunarso, Retno Susanti. 2017. Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi : Jurnal Bisnis Ekonomi UNISRI : Surakarta.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti H. Aksa. 2018. Teori dan Kasus Manajemen

Pemasaran Jasa, Cet. 2, Bogor, Ghalia Indonesia.

Sandy Sinambow, Irvan Trang 2019. Pengaruh harga, lokasi, promosi dan

Kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada took computer Game

Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3 September, Hal.

-311.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9387

Saleleng, Nia C.M., Christoffel Kojo dan Merlyn Karuntu. 2020. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA vol.2 no.3 September 2014.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah.2017. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto. 2019. Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Jurnal Derivatif Vol.10 No.1 Hal: 26-44.

Suprayanto & Rosad. 2017. Manajemen Pemasaran. IN MEDIA : Bogor.

Tjiptono Fany & Anastasia Diana. (2019). Total Quality Management. Penerbit ANDI

Yogyakarta.

TJIPTONO, FANDY. 2019. Strategi Pemasaran. EDISI KETIGA. PENERBIT ANDI:

YOGYAKARTA.

_______. 2020. Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA: BANDUNG.

_______, 2018, Pedoman Penyusunan Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas

Singaperbangsa, Karawang.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics