Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel promosi dan harga terhadap keputusan pembelian motor scoopy pada dealer honda astra cabang mamuju. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan Kualitas pelayanan di bidang pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju (Bukti fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan. Dan Empati) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 71,3%. Variabel ketanggapan dalam faktor kualitas layanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan masyarakat di bidang pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju dibandingkan dengan variabel lainnya, dimana Ketanggapan sebesar 4.606, kemudian Jaminan sebesar 4.593, Empati sebesar 4.275, Bukti fisik sebesar 2.594, dan terendah Kehandalan sebesar 2.315
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Dinas Kependudukan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Dinas Kependudukan
Full Text:
Download PDFReferences
Bambang Presetyo dan Lina Miftahul Jannah. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Damanik, Ephani Anggara. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Jurnal.
J.B. Kristiadi. 2010. Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Di Derektorat Sumber Daya Manusia pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Makassar. Jurnal.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada Radar Banten.
Yusuf Amuri 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Pranadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.