Pengaruh Kompetensi profesional guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP se-Kecamatan Waelata Kabupaten Buru
Abstract
Jumlah populasi seluruh SMP sebesar 146 dan sampel sebanyak 107 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh yang positif atau siginifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan besarnya sumbangan kompetensi profesional guru adalah 55%. Kemudian, terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan besarnya motivasi belajar siswa adalah 57,1%. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi professional guru dan motivasi belajar siswa dengan besarnya sumbangan variabel kompetensi professional guru dan motivasi belajar siswa adalah sebesar 57,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, SMP Kecamatan Waelata Kabupaten Buru
Full Text:
Download PDFReferences
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja
Grafindo Persada.
Ananda, Rusydi & Hayati, Fitri. 2020. Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan. CV Pusdikra Mitra Jaya
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisii 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
-----------------. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisii 10). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/902/6/RUDI%20NUR%20BIANTORO_BAB%202_PM2022.pdf diakses tanggal 27 april 2023
http://lib.unnes.ac.id/4090/1/8153.pdf diakses tanggal 27 Mei 2023
Jakaria, Yaya. 2015. Mengolah Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS (Aplikasi Data Pendidikan). Bandung. CV Alfabeta
Juni Priansa, Donni.2018. Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung. CV Alfabeta
Komara, Endang; Syaodih, Erliany; Andriani, Rian. 2022. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung. PT Refika Aditama
Kompri. 2015. Manajemen Sekolah, Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Celeban Timur Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Mulyasa, H.E.2017. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pujoandika, Robbi 2019, Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Cimahi. Bandung. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
Rahmawati, Anita Dian. 2010. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar KKPI Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri Kota Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Riadi, Edi.2015. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta. Penerbit ANDI
Sennen, Eliterius. 2017. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV.e-Jurnal: www.jurnalpedagogika.org ISBN: 978-602-51 434-0-3
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Sugiyono; Susanto, Agus. 2017. Cara Muda Belajar SPSS & LISREL (Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. CV Alfabeta
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. CV Alfabeta
Suryabrata, Sumardi.2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Susanto, Ahmad.2018. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Cimanggis, Depok. Prenadamedia Group (Divisi Kencana)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
-------------------------2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung:
Rizqi Press.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5750
Refbacks
- There are currently no refbacks.