Implementasi Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah Pada SD Negeri Treman di Kec. Kauditan
Abstract
Teknik pengumpulan data yang dugunakan adalah : obsevasi, wawancara, study dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan dokumen wawancara dan catatan lapangan, data yang terkumpul kemudian dianalisi melalui langkah-langkah kredibilitas ( kepercayaan data), transferabilitas ( nilai keteralihan / dapat diterapkan), dependabilitas (kesesuaian data) dan konfirmabilitas (objektifitas data).
Berdasarkan temuan dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan komunikasi kepala sekolah sudah berjalan dengan baik dan efektif dengan melakukkan hubungan komunikasi kebawah yaitu komunikasi yang datang dari kepala sekolah kepada seluruh warga sekolah, komunikasi keatas yaitu warga sekolah kepada kepala sekolah dalam bentuk masukan, saran, dan komunikasi horizontal yaitu kepada seluruh warga sekolah dan stakeholder yang adapada tingkat yang sama. Faktor-faktor penunjang yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi kepala sekolah kepada warga sekolah dan stakeholder adalah kompetensi sosial, kepercayaan diri, pengetahuan dan wawasan, pengalaman, kepribadian dan sarana prasarana yang memadai pada sekolah.
Faktor - faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi kepala sekolah kepada warga sekolah dan stakeholder adalah faktor kurangnya perhatian sebagian guru-guru dan peserta didik dalam menyimak sebuah pesan yang disampaikan kepala sekolah, kondisi lingkungan soklah dengan waktu dan temapat yang aman dan menyenangkan. Upaya-upaya yang dilakukkan dalam mengatasi hambatan komunikasi yang dilaksnakan kepala sekolah adalah dengan melakukan pendekatan kepada orang tua, mengunjungi dirumah dengan membuat suasana yang akrab maupun dengan masyarakat disekitarnya dengan tidak memandang pangkat, golongan atau kekayaan, membangun lingkungan kerja yang kondusif, aman dan nyaman serta menentukan waktu dan tempat yang baik dalam menyampaikan berbagai saran, masukan serta aspirasi dari warga sekolah.
Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, SD Negeri Treman, Faktor-faktor penunjang Manajemen Komunikasi, Faktor-Faktor penghambat manajemen komunikasi.
Full Text:
Download PDFReferences
Adriani, 2006 Pengaruh Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektifìtas Kerja Guru dan Karyawan SMP Negeri I Suruh Kabupaten Semarang, Tcsis UNES Scmarang.
Tasman, 2003. Keefektifan Pelaksanaan Koordinasi dan Komunikasi dalam Manajemen Berbasis Sekolah pada S/.TI' Negeri 6 Manado. TESIS Pascasarjana UNIMA Manado.
Agus Maulana, Ir.MM. 1997. Komunikosi Antarmanusia, Alih bahasa dari Joseph, A. Devito, Human Communication. Jakarta: Profesional Books.
Fajar, Marhaeni, 2009, IlmuKomunikasi Teori & Praktek, Yogyakarta; Graha 11mu
Kambey, Daniel .C. 2006. Landasan Teori Administrasi Manajemen. Yayasan Tri Ganesha Nusantara. Manado
Muhammad, Arni 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda
Manajemen Berbasis Sekolah. Bumi Aksara. Bandung
Penelitian Kualitatif, Bandung, Tarsito
Teori Komunikasi Perspektif, Ragam dan Aplikasi,
PT Rineke Cipta 1994, Pengantar Komunikasi, Jakarta; Universitas
Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta
Dkk. 2004. Manajemen Negeri Semarang.
Uchiana EfTcndy, Onong, 1992, /lmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahab, A. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Alfabeta. Bandung
Widjaja, A. W. 1993, Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Burni Aksara. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5766
Refbacks
- There are currently no refbacks.