Pengaruh Food Quality dan Food Image Terhadap Food Satisfaction (Survei pada Pelanggan Sorabi Hijau Rengasdengklok Kabupaten Karawang Tahun 2023)

Abdul Yusuf, Elita Rizki Damayanti

Abstract


Berdasarkan beberapa ulasan keluhan pelanggan Sorabi Hijau Rengasdengklok terjadi ketidakpuasan makanan yang dirasakan oleh pelanggan, hal ini diduga karena kualitas makanan dan citra makanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis mengenai pengaruh food quality dan food image terhadap food satisfaction (survei pada pelanggan sorabi hijau rengasdengklok kabupaten karawang tahun 2023). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Sorabi Hijau Rengasdengklok yang merujuk pada pernyataan Hair et al., dikarenakan jumlah ukuran populasi tidak dapat diketahui secara pasti, maka untuk menentukan jumlah sampel yaitu minimal 5-10 kali dari jumlah indikator, sehingga didapattkan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan alat bantu olah data software SPSS 21 dan Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara food quality dan food image dengan tingkat koefisien yang sangat kuat. Pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara food quality terhadap food satisfaction dengan nilai sebesar 31,8%, sedangkan pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara food image terhadap food satisfaction sebesar 42,8%. Pengaruh secara simultan yang positif dan signifikan antara food quality dan food image terhadap food satisfaction memperoleh nilai sebesar 53% dan sisanya sebesar 47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: food quality, food image, food satisfaction

Full Text:

Download PDF

References


Davis, B., Lockwood, A., Alcott, P., & Pantelidis, L. S. (2018). Food and Beverage Management 6th (Elsevier L, Vol. 7, Issue 2). http://www.joi.isoss.net/PDFs/Vol-7-no-2-2021/03_J_ISOSS_7_2.pdf

Denisa, D. (2021). Pengaruh Destination Image,Food Image, dan Persepsi terhadap Revisit Intention pada Culinary Tourism di Permindo Night Market Kota Padang. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 24–33. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.1975

Dwina, I. (2020). Melemahnya Ekonomi Indonesia Akibat Covid-19. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 1–5. https://www.kompasiana.com/dewilst08/5ebcb675097f3659853413b3/ekonomi-indonesia-menanggung-beban-covid-19

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2019). MULTIVARIATE DATA ANALYSIS : EIGHTH EDITION. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Indrasari, D. M. (2019). PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Komala, C. C., Norisanti, N., & Ramdan, A. M. (2019). Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3, 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing : Seventeenth Edition. In Pearson.

Lestari, W. S., & Yusuf, A. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(November), 94–101. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Nugraha, P. A., Darmayasa, Mao, T. Y., Lin, C. W., & Lin, Y. S. (2021). The impact of food image, customer satisfaction, and food quality on revisit intention under multiple regression model. 2021 IEEE International Conference on Social Sciences and Intelligent Management, SSIM 2021. https://doi.org/10.1109/SSIM49526.2021.9555218

Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food Science (5th edition). Chapman and Hall.

Raihen, M. N., Akter, S., & Sardar, M. N. (2023). Food Satisfaction among Students: A Study of Present Public University Students in Bangladesh. Journal of Mathematics and Statistics Studies, 4(1), 01–18. https://doi.org/10.32996/jmss.2023.4.1.1

Safira, D. (2020). Wisata Kuliner Di Surabaya. UNiversitas Airlangga Repository, 1–37.

Solunoglu, A. (2020). Perceived Food Quality, Satisfaction, Brand Image In Restaurants And Recommendation Intention Relation. Journal of Yaşar University, 15(60), 833–849. https://doi.org/10.19168/jyasar.716064

Stefany, M., Siswandi, N., Kezia, N., Program, M., Management, B., & Manajemen, S. (2022). Pengaruh Food Quality Dan Service Quality Terhadap Revisit Intention Melalui Customer Satisfaction Di Gudeg Ceker Margoyudan Solo. 10, 2.

Sugiyono, P. D. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatid, dan R&B.

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19(1), 56–66.

Toudert, D., & Bringas-Rabago, N. L. (2019). Destination food image, satisfaction and outcomes in a border context: tourists vs excursionists. British Food Journal, 121(5), 1101–1115. https://doi.org/10.1108/BFJ-03-2019-0148

Yasami, M., Promsivapallop, P., & Kannaovakun, P. (2020). Food Image and Loyalty Intentions: Chinese Tourists’ Destination Food Satisfaction. Journal of China Tourism Research, 1–21. https://doi.org/10.1080/19388160.2020.1784814

Yulianti, B. A., & Satya, I. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Food Quality, Dan Customer Satisfaction Melalui Perceived Value Terhadap Behavioral Intention Pada Pelanggan Gofood Di Wilayah Dki Jakarta. Solusi, 19(4), 314. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i4.4335




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics