Pengaruh Pengetahuan, Minat dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman

Nur Jannah, Finnah Fourqoniah

Abstract


Mahasiswa merupakan salah satu faktor yang berperan signifikan dalam tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, ada sekitar 12% dari total pengangguran di negara saat ini terdiri dari lulusan sarjana dan diploma. Kota Samarinda menjadi kota ketiga di provinsi Kalimantan Timur dengan tingkat pengangguran yang tinggi untuk itu salah satu jalan terbaik untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan yaitu dengan kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, minat dan jiwa kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman yang telah mengikuti mata kuliah Kewirausahaan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik proposive sampling dengan jumlah sampel responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis liniear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Metode analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (2) Minat berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (3) Jiwa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha.

References


Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi, Februari 2022.

Dora, M. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Jurusan Manajemen untuk Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas X). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 6(2), 169-182.

Fiet, J. O., & Patel, P. C. (2018). Teori Peluang Kewirausahaan dan Kewirausahaan: Sejarah Revisi dan Konsensus yang Muncul. Foundations and Trends in Entrepreneurship, 14(1), 1-96.

Hisrich, R.D., & Peters, M. P. (2002). Entrepreneurship. McGraw-Hill.

Kompas.com. (2022). Kemenkop-UKM Bidik Rasio Wirausaha Indonesia Capai 3,95 Persen pada 2024.KOMPAS.Com.https://money.kompas.com/read/2022/10/10/161000726/kemenkop-ukm-

Kompas.com. (2023). Menaker: 12 Persen Pengangguran RI Didominasi Lulusan S1 dan Diploma. KOMPAS.Com.https://amp.kompas.com/edu/read/2023/02/23/085024071/menaker-12- persen-pengangguran-ri-didominasi-lulusan-s1-dan-diploma

Marwan, M. L., & Munawir, Y. (2019). Developing a Business Idea into a Business Model: An Experimental Study on Developing Entrepreneurship Readiness. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(8), 72-88.

Naldi, L. (2019). Pola Pikir Kewirausahaan: Menyeimbangkan Kewirausahaan Eksploratif dan Eksploitatif. Journal of Small Business Management.

Nasrullah. (2016). Analisis Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNM Angkatan 2013). Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) UNM, 6(1), 11-20.

Riyanto, Y. (2014). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFEogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widarsono. (2020). Model Program Pendidikan Kewirausahaan untuk Mengembangkan Minat Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Journal of Entrepreneurship Education, 23(2), 1-14.

Zott, C., & Amit, R. (2022). The Business Model: Recent Developments and Future Research. Journal of Management, 37(4), 1019-1042.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics