Pengaruh Kualitas Aplikasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online Penerbangan Pada Aplikasi Traveloka (Studi Pada Pengguna Aplikasi Traveloka di Kota Samarinda)

Kemala Mustafa, Ana Noor Andriana

Abstract


Traveloka adalah platform termuka di Asia Tenggara, yang memungkinkan pengguna untuk memesan tiket penerbangan, kereta, dan layanan transportasi lainnya. PT Traveloka indonesia menyadari bahwa masih banyak potensi konsumen yang belum mereka capai. Oleh karena itu, Traveloka melakukan upaya pemasaran agar menarik konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas aplikasi, promosi, kualitas pelayanan, terhadap keputusan pembelian ini adalah konsumen yang berdomisili di Kota Samarinda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Metode penelitian ini adalah Metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner secara online. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) Kualitas aplikasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Promosi berpengaruh positif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References


AGA Najib, AN Andriana, 2022. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Fusion, 2(01).

Arianto, N. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL RIZEN KEDATON BOGOR (Vol. 1, Issue 2).

Astrickosyah Daffa Pratama, M., Noor Andriana Prodi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, A., Mulawarman, U., Jl Kuaro, S., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., Samarinda, K., & Timur, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Produk Thrifting Store Swoosh. Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 85. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3608

Azis, A., Nur’ Aeni, ), & Si, M. (n.d.). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN KOPI JANJI JIWA DI CIKARANG. www.topbrand.com

Ermawati, N. (2022). ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL.

Magdalena, F., Lestari, M. T., & Nurfebiaraning, S. (2016). PENGARUH PROMOSI TRAVELOKA @TRAVELOKA MELALUI TWITTER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI TERHADAP FOLLOWERS AKUN TWITTER @TRAVELOKA) EFFECTS OF TRAVELOKA PROMOTION USING @TRAVELOKA TWITTER ACCOUNT ON THE DECISION TO PURCHASE (A SURVEY ON @TRAVELOKA TWITTER ACCOUNT FOLLOWERS).

Pamungkas, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI TIKET PESAWAT ONLINE DI TRAVELOKA (Studi pada Pengguna Traveloka Klaten). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Pratiwi Dinda Noer, A. N. A. (n.d.). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum.

Purba, S. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Traveloka (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan).

Silaban, P., & Manihuruk, B. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE PADA SITUS TIKET.COM (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA MEDAN).

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Zeithaml, V. A., Zeithaml, S., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (2018). The Nature and Determinants of Customer Expectations of Service.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics