Pengaruh Servicescape Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, Cabang Mattoangin Makassar
Abstract
Kata Kunci: Servicescape, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Kepercayaan
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah, W Dan Harton, Jogiyanto. 2014. Partial Least Square. Yogyakarta :ANDI
Adam, A. D., & Trisna, E. 2019. Pengaruh Servicescape, Kualitas Komunikasi Pelayanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Relationship Intention Nasabah Bank Syariah Di Surabaya. Develop, 3(1), 43.
Afifah, R. 2017. Pengaruh manfaat, kemudahan, kepercayaan dan ketersediaan fitur terhadap penggunaan mobile banking bank syariah mandiri (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2017).
Akob, R. A., & Sukarno, Z. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(2), 269-283.
Andhika, S., & Ferdinand, A. T. 2019. Analisis Pengaruh Lingkungan Jasa (Servicescape) Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Nilai Pengalaman Dan Koneksi Merek Diri Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Lawang Sewu Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(4), 1-12.
Bahruddin, M & Zuhro,S. 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1). 1
Cahyani, F.G & Sitohang, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1-9.
Darmayanti, Herman. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara.
Daud, Q., & Simamora, V. 2022. Peran servicescape terhadap trust dan dampaknya pada minat beli yang dimoderasi oleh personal selling pada live streaming produk tas di facebook. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 130-141.
Febrianta, A., & Indrawati, I. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bca Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 3(3).
Flavian dan Giunaliu. 2007. Measure on web usability Website. Journal of Computer Information Systems, 48 (1), pp: 17-23.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. 2019. When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), 2-24.
Harahap, Z. 2020. Pengaruh Pelayanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 101-118.
Herawati, Jajuk dan Prayekti. 2011). Pengaruh Dimensi Internet Banking Service Quality Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal AKMENIKA UPY, 8 pp: 1-19.
Ismail, 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta : Predanamedia Group, Jakarta: erlangga
Imelda, S., & Huwaida, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Kcp Kayu Tangi Banjarmasin. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 101-109.
Jasfar,Farida 2012. Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta . Salemba Empat
Jogiyanto. 2019. Konsep dan Aplikasi Pls (Partial Least Square ) Untuk Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada
Kasmir . 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : Rajawali Pers
Kotler, Philip &amstrong, gary. 2014. Prinsip – Prinsip Manajemen. Edisi 14, jilid 1
Lopiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori Dan Praktik) Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat
Lovelock,C, dan John Writz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7”.
Mahendra, K. P. 2019. Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1).
Moser, F. 2015. “Mobile Banking: A Fashionable Concept Or An Institutionalized Channel In Future Retail Banking? Analyzing Patterns In The Practical And Academic Mobile Banking Literature", International Journal Of Bank Marketing Vol. 33 Issue: 2, Pp 162-177.
Mundir, A., & Hayati, L. N. 2021. Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di BRI Syari’ah KCP Malang Pandaan Kabupaten Pasuruan. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 243-256.
Nawangsari, S., & Widiastuti, R. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank (Studi Kasus Pada PT Bank DKI–Depok). Sebatik, 22(2), 51-55.
Oebit, Z. 2018. Pengaruh Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 43-52.
Pramita, C. D. 2015. Pengaruh Servicescape (Lingkungan Layanan) Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Simpeda Pt. Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk. Kantor Cabang Kediri) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Pramita, C. D. 2015. Pengaruh Servicescape (Lingkungan Layanan) Terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Simpeda Pt. Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk. Kantor Cabang Kediri) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Pratiwi, N. P. L., & Seminari, N. K. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah (Doctoral dissertation, Udayana University).
Putri, R. S. 2019. Pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank BTN Syariah Semarang. Jurnal Manajemen.
Rajagrafindo.
Rosanti, N. 2019. Analisis Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Persepsi Teknologi Informasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Internet Banking Menggunakan Pemerintah Bank di Kota Makassar, 4(11), 294-2165.
Sahanggamu, S., Mananeke, L., & Sepang, J. (2015). Analisis kualitas layanan, Servicescape dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sinarmas Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).
Sangdji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013. Perilaku konsumen,
Sebayang, A. A. 2017. Pengaruh Risiko, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking (Studi Pada Pengguna Layanan Mobile Banking Bank Mandiri Di Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, Fakultas Fisip).
Sucahyo, I., & Solovida, G. T. 2022. Analisis Pengaruh Servicescape Dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Tentang Pelayanan Pendaftaran Haji di Kota Semarang). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 215-231.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Yogyakarta : Cv Andi Offset.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabetakamir,2002
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. CV. Bandung
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta :Andi
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian . Yogyakarta: Andi
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. 2021. Peran Layanan Mobile Banking dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51-62.
Tumbelaka, M., & Loindong, S. 2014. Servicescape dan personal selling pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah tabungan BRITAMA Bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).
Umar, Husein. 2008. Desain Penelitian MSDM Dan Perilaku Karyawan.
Wardhana, A. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia [Effect of Mobile Banking (M-Banking) Service Quality on Customer Satisfaction in Indonesia]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 10(2), 273-284.
Wimala, R. K. 2016. Analisis Pengaruh Online Servicescape Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Niat Beli Konsumen Di Tokopedia. Com (Doctoral dissertation, UAJY). Yogyakarta : c.v Andi Offse
Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. 2013. Service Marketing. Mc
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5849
Refbacks
- There are currently no refbacks.