Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Dan Brand Awareness Terhadap Keberlanjutan Bisnis Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Warnung Catering Kabupaten Bandung)

Chintya Nursabela, Azizah Fauziyah, Mira Nurfitriya

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial dan Brand awareness terhadap keberlanjutan bisnis UMKM pada UMKM Warnung Catering Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yang dilakukan ini adalah selurh pelanggan yang ada di Warnung Catering Kabupaten Bandung, sampel ditentukan dengan mempergunakan rumus cochran dan diperoleh hasil sebanyak 96 orang sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan mempergunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh ialah media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM dengan nilai sig 0,000 (0,000 < 0,05) dan variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM Warnung Catering Kabupaten Bandung dengan nilai Sig 0,000 (0,000 < 0,05).

Kata Kunci: Media sosial, Brand awareness, Keberlanjutan Bisnis UMKM

Full Text:

Download PDF

References


Anggraini, A., & Nawawi, Z. (2023). PengaruhZPemanfaatan MediaZSosial, KreativitasZdan Modal UsahaZterhadap KeberlanjutanZBisnis UMKMZMilenial di Kota Medan. Journal of Management & Business, 2(1), 1-17.

Angreny, W. R., Sumekar, W., & Prasetyo, A. S. (2022). Keberlanjutan UMKM berdasarkan Media Sosial dan Triple Bottom Line. Jurnal Agribest, 6(1), 64-75.

Aulia, N. A., Hasan, M., Dinar, M., Ahmad, M. I., & Supatminingsih, T. (2021). Bagaimana LIterasi Kewirausahaan dan Literasi Digitla berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian? Journal of Economic Education and Enterpreneurship Studies, 2(1), 1-17.

Bado, B., Hasan, M., & Isma, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Modal Sosial Untuk Keberlanjutan Usaha Umkm Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 1-22.

Dewi, N. M., & Yuniarta, G. A. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Modal Usaha dan Pemahaman Akuntansi terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Di Saat Pandemi Covid-19 Se Kecamatan Tegallalang. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 13(4), 1-10.

Fauzi, E., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keberlanjutan Kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5), 51-66.

Jannah, K. N., & Zakky, F. A. (2019). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Oppo Smarthphone di Solo Raya. Institute Agama Islam Negeri Surakarta, 1-12.

Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research, 1(7), 697-707.

Nur, L., Prihartini, E., & Sudarman, S. D. (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Mixue Munjul Majalengka. Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(3), 1-11.

Oktaviar, C., Arief, H., & Viciwati. (2023). Pengaruh Brand Awareness,Trust Dan Relationship Terhadap Keputusan Membeli Pelanggan RM Putra Minang Group. Journal of Fundamental Management, 3(2), 1-14.

Sembiring, M. J., Fattah, A., & Wahyudi, S. (2019). Kapabilitas Manajemen Hubungan Pelanggan Offline to Online Sebagai Pondasi Pemberdayaan Pengrajin Hasil Olahan Ikan Laut Masyarakat Pesisir Jawa Timur. Skripsi Ubhara Surabaya, 1-132.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Y. N. (2018). Analisis Keberlanjutan Usaha UMKM di Propinsi Banten. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 24-34.

Tajudeen, F. P., Jaafar, N. I., & Ainin, S. (2018). Understanding the Impact of Social Media Usage Among Organizations. INformation and Management, 55(3), 308-321.

Tanti, G. A., & Dewi, P. D. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas dan Modal Usaha Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Milenial di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 11(2), 1-11.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics