Pengaruh Nct Dream Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Impulsive Buying Behaviour Pada Konsumen Produk Mi Instan Lemonilo Di Kota Surabaya

Siti Mawakhiro, Jojok Dwiridotjahjono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador, brand image, dan brand trust terhadap impulsive buying behaviour pada konsumen produk mi instan Lemonilo di Kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli mi instan Lemonilo x NCT Dream di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah “Regresi Linier Berganda” dengan SPSS 27 sebagai alat bantunya. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. Secara simultan brand ambassador, brand image, dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying behaviour, 2. Secara parsial brand ambassador memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying behaviour, 3. Secara parsial brand image tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying behaviour, 4. Secara parsial brand trust memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying behaviour.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust, Impulsive Buying Behaviour

Full Text:

Download PDF

References


Ahdiat, A. (2022). Gaet NCT, Compas Dashboard Temukan Penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Retrieved from katadata.co.id

Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion and other aspects of Integrated Marketing Communications, Tenth Edition. Boston, MA, USA: Cengange Learning.

Anindhita, M. (2022). Lemonilo Umumkan NCT DREAM Sebagai Brand Ambassador Terbaru. Retrieved from Lemonilo.com

Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687

Arifin, Z., & Rizaldy, M. (2023). Pengaruh NCT Dream sebagai Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Perilaku Impulsive Buying Behaviour pada Produk Mi Instan Lemonilo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184.

Arohman, A. N. (2018). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulsie Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi pada mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018. Ekonomi Mnajemen 01, 09(02), 24–34.

Astri, Fitri, P., Dian, Rd. H. U., Dewi, Puspo D,. (2018) Gambaran Brand Commnication Brand Trust dan Brand Loyality Pelanggan Kosmetik Sariayu Di Indonesia. Journal of Business Management Eduation, 3(3), 89-99

Dewi, R. K. (2022). Ramai Soal Bungkus Lemonilo Disobek Diduga Mencari Photocard NCT Dream. Retrieved from Kompas.com

Eldian Tanpli, Y. (2020). Pengaruh Pada Iklan Celebrity Endorser BTS Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada Remaja di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai , 4, 3457–3463.

Elvira, V., & Perwitasari, A. S. (2022). Jadi Brand Ambassador, Lemonilo

Luncurkan Kemasan Mi Instan Spesial NCT Dream. Retrieved from Kontan.co.id

Febriana, M., Sampurno, & Djoharsjah. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dan Hallyu Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Brand Switching dan Implikasinya terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 19(3), 299–313.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan, Jawa Timur: CV.

Penerbit Qiara Media.

Fitrianti, A. (2022). Gandeng NCT DREAM Jadi Brand Ambassador, Lemonilo Hadirkan Banyak Inisiatif Baru. Retrieved from Lemonilo.com:

Fitrianingsih, A. S. C., Kadir, R., Hamid, N., & Nursyamsi, I. (2020). Influence of Brand Ambassador on Purchase Intention and Brand Image as Intervening Variable (Case Study onShopee Application Users in Makassar City). Global Scientific, 8(6), 1709–1716. www.globalscientificjournal.com

Frenredy, W., & Dharmawan, P. (2020). Dimensi Brand Image Untuk Memprediksi Brand Love Dan Brand Loyaty. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 1005. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9884

Frismandana, A. & Tjahjono, J. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada PT. Mitra Pinasthika Mustika (Studi Kasus Pelanggan Ahass MPM Motor Bojonegoro). Jurnal Bisnis Indonesia 12(1) https://doi.org/10.33005/jbi.v12i1.2605

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

H, R. A. S., & Ab, S. (2019). Citra Merek (Brand Image) Berpengaruh Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepatu Converse. Dewan redaksi jurnal bisnis indonesia. Jurnal Bisnis Indonesia, 10. No.1, 92–104.

Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53654/mv.v1i1.28

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th Edition). NJ, USA: Pearson

Education, Inc.

Kertamukti, R. (2019). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, dan Anggaran. Depok: Rajawali Pers

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Markteing Management, 14th Ed, New Jerser: Pearson.

Kwan Soo Shin, S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, 38(4), 1–17. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v38i430376

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362

Najih, M., & Amaliya, A. (2022). the Effect of Ambassador Brand and Hedonic Shopping on Impulse Buying of Shopee Pplications in High School of Economics and …. Proceeding International Seminar of Islamic …, 3, 1324–1337. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/11150

Nalendra, A. R. A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Bandung:CV.Media Sains Indonesia

Ningsih, L. S., & Kardiyem. (2020). Pengaruh Nilai Hedonik, Kualitas Pelayanan, Nilai Utilitarian Terhadap Impulsive Buying Melalui Brand Trust. Journal, Economic Education Analysis, 9(3), 730. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.42343

Nuhadriel, Y., Japiana, M., & Keni. (2021). Pentingnya Brand Communication, Brand Experience, Dan Brand Image Dalam Meningkatkan Brand Loyalty Pada Ritel Furnitur: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 264–277. https://doi.org/10.35760/eb.2021.v26i3.4075

Nurazhari, L., & Putri, Y. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. Medium, 10(1), 166–174. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9244

Noviandi, F. (2022). Pernyataan Resmi Lemonilo soal Kasus Fans NCT Dream Rusak Mi Instan di Mini Market. Retrieved from Suara.com:105

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018a). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image serta Word Of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Cbezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 269–282. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.259

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018b). the Effect of Brand Awareness, Brand Image and Word of Mouth on Brand Trust and Establishment of Brand Loyalty in C’Bezt Friedchiken Customers, Sub District Genteng, Banyuwangi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(2), 269–282.

Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Putra, R. W. (2022). 7 Top Brand Mi Instan Terlaris di Shopee dan Tokopedia Indomie Merajai Penjualan Mi Instan!. Retrieved from compas.co.id

Pratiwi, F. A., & Utama, D. H. (2018). Gambaran Brand Commnication Brand Trust Dan Brand Loyalty Pelanggan Kosmetik Sariayu Di Indonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 3(3), 89–99. https://doi.org/10.17509/jbme.v3i3.14313

Priscilla, G. M. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT. XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 106. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8670

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rozalia, R., Rinuastuti, H., & Hs, R. (2020). Ketertarikan Konsumen Pada Brand Ambassador Dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian. Distribusi - Journal of Management and Business, 8(2), 149–162. https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.140

Salam, A., Azzahra, A., Kamal, A. H., & Wibowo, F. W. (2022). Pengaruh promosi, brand Image dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Margoluwih, Sleman). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 12(2). http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2022.12

SATYAINDRIYANTI, I., & NATALIA, K. (2020). Hubungan Word of Mouth Terhadap Brand Image, Brand Loyalty, Brand Preference Dan Brand Leadership Pelangan Merek Miniso Di Jakarta Barat. Media Bisnis, 12(1), 25–32. https://doi.org/10.34208/mb.v12i1.877

Septiani, A., Sumarah, N., & Norhabiba, F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador EXO Melalui Media Sosial Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif di Kalangan Pembeli Produk Nature Republic (Studi pada Komunitas EXO-L Surabaya). Representamen, 7(01). https://doi.org/10.30996/representamen.v7i01.5128

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Sianipar, E. T. (2020). The Effect Of Brand Trust And Brand Image On Consumer Loyalty In Buying Online Products At Lazada Indonesia. Journal Basic Science and Technology, 9(1), 17–25.

Sterie1, W. G., Massie2, J. D. D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 3139–3148.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Ully, S. R. (2019). Wujudkan Indonesia Hebat, Lemonilo Hadirkan Lemonilo Mie Kuah Instan Tanpa 3P. Retrieved from Lemonilo.com

WowKeren. (2022). NCT Dream Dan NCT 127 Bisa Dibilang Sebagai Subgrup

NCT Yang Paling Populer. Sejak Dibentuk, Kedua Fandom Terus Menerus Memperdebatkan Grup Mana Yang Lebih Populer Dan Sukses. Retrieved from Wowkeren.com




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics