Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Resto Atmosphere Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Niat Beli Ulang (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan Cabang Majapahit Semarang)

Nafa Sabila Dwi Yunardi, Endang Tjahjaningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (X1), persepsi harga (X2), dan resto atmosphere (X3) terhadap kepuasan (Y1) dan dampak pada niat beli ulang (Y2) Mie Gacoan cabang Majapahit Semarang. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner via google form kepada 100 responden dengan metodologi purposive sampling. Pengujian hipotesis dengan Uji regresi linier berganda menggunakan pengolah data berbasis statistik yaitu SPSS. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Mie Gacoan Majapahit Semarang yang sudah pernah melakukan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan memberikan efek positif dan signifikan terhadap kepuasan, persepsi harga memberikan efek positif dan signifikan terhadap kepuasan, resto atmosphere berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan memberikan efek positif dan signifikan terhadap niat beli ulang.

References


Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). Harga Dan Suasana Toko (Store Atmosphere) Dalam Menentukan Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Coffee Shop Titik Kumpul Capore Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 508. https://doi.org/10.36841/jme.v1i3.1986

Armstrong & Kotler. (2018). Principles of Marketing. New York: Pearson International., 735.

Astuti, N. I., & Soliha, E. (2023). Kepuasan Pelanggan: Peran Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Suasana Cafe Pada Coffee Shop Di Semarang. Ekonomika, 12(1), 25–35. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/ekonomika/article/view/153%0Ahttps://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/ekonomika/article/download/153/125

Hibatullah, N. F., & Tjahjaningsih, E. (2023). Impact On Loyalty Pengaruh Orientasi Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7179–7186.

Hossain, U., Al, H., Thurasamy, R., Lim, R., Hock, T., Aljaberi, M. A., Hasan, N., & Hamid, M. (2021). Journal of Retailing and Consumer Services The effects of service quality , perceived value and trust in home delivery service personnel on customer satisfaction : Evidence from a developing country. Journal of Retailing and Consumer Services, 63(April), 102721. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102721

Intan Nurhayati, B. M. N. (2023). Pengaruh Suasana dan Persepsi Harga dalam meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian di Pomelo Cafe & Resto Kuningan Program Studi Manajemen Perhotelan , Universitas ASA Indonesia * Corresponding email : intannurhayati65@gmail.com This re. 7(2), 1–14.

Kotler, P. (2014). Kotler on Marketing; Lateral Marketing: Ten Deadly Marketing Sins; and Corporate Social Responsibility. In addition, he has published more than one hundred articles in leading journals, in-cluding the Harvard Business Review, Sloan Management Review. California Management Review, the Journal of Marketing, the Journal of Marketing Research, Management Science, the Journal of Business Strategy.

Kotler, P. (Philip J. ., Kartajaya, H., Setiawan, I., & Ham, H. van den. (2017). Marketing 4.0 : van traditioneel naar digitaal. Vakmediane(Deventer), 1–175.

Kurniawan, H. B., & Dirgantara, I. M. B. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, ATMOSFIR TOKO TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ULANG MELALUI CITRA DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Legend Coffee Yogyakarta). Diponegoro Journal of Management, 9(3), 1–11.

Lestari, R., & Elwisam. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instant Sedaap. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(63), 7495–7520.

Lucky, O. S., Siti Aisjah, & Ningrum, A. P. (2023). The impacts of store price image and brand image on repurchase intention with customer satisfaction as mediation. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(1), 22–30. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i1.2269

Mahsyar Syariful, & Surapati Untung. (2020). EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRODUCT QUALITY ON CUSTOMER. 2020(1), 204–211.

Nastiti, A., & Astuti, S. R. T. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 8(1), 126–136.

NGUYEN, L., NGUYEN, T. H., & TAN, T. K. P. (2021). An Empirical Study of Customers’ Satisfaction and Repurchase Intention on Online Shopping in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 971–983. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.971

Othman, B., Harun, A., Rashid, W., & Ali, R. (2019). Management Science Letters. 9, 1763–1772. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.6.014

Parasuraman, Valerie A, Z., & Arvind, M. (2005). ES-QUAL: A multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.

Permatasari, D. C., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 296–312. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2019

Prasetyo, A., Irawan, D., Sensuse, D. I., Lusa, S., Wibowo, P. A., & Yulfitri, A. (2023). Evaluation of e-Service Quality Impacts Customer Satisfaction: One-Gate Integrated Service Application in Indonesian Weather Agency. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(1), 145–152. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2023.0140116

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 244–256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556

Rahesa Wijaya, Y., & Tjahjaningsih, E. (2022). Analisis Faktor Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 201–211. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.615

Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Savila, D., & Tjahjaningsih í, E. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kepercayaan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 573–587. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3734

Soebandhi, S., Wahid, A., Darmawanti, I., Wijaya, U., Surabaya, K., & Narotama, U. (2020). (Bisnis dan Manajemen). 13(1), 26–36. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n1.p26-37

Sucahoyo, C. P. D., Wijaya, A. J., & Widjaja, D. C. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Emosi Tamu Dan Minat Beli Ulang Di Michael Tj Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 55–62. https://doi.org/10.9744/jmp.7.2.55-62

Syah, T. Y. R., Alimwidodo, P. C., Lianti, L., & Hatta, H. (2022). Perceived Price As Antecedent of Satisfaction and Loyalty: Learn From Fast Food International Restaurants. Central European Business Review, 11(4), 63–84. https://doi.org/10.18267/j.cebr.304

Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal EBBANK, 10(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics