FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT. PELINDO IV (PERSERO) MAKASSAR

Eli Hasmin, Farhana Hasmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi pada PT. Pelindo IV (Persero) Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat analisis regresi berganda. Sampel penelitian ini adalah karyawan yang merupakan perwakilan dari setiap divisi berjumlah 70 orang yang ditarik secara purposive sampling.

Temuan hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi karyawan adalah kompensasi, karakteristik pekerjaan, promosi jabatan, dan kepercayaan atasan. Ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi, karakteristik pekerjaan, promosi jabatan, dan kepercayaan atasan terhadap komitmen organisasi. Kompensasi yang diduga berpengaruh dominan terhadap komitmen organisasional ternyata tidak benar, dan yang berpengaruh dominan ternyata adalah kepercayaan atasan.

Kata Kunci: “Kompensasi, Karakteristik Pekerjaan, Promosi Jabatan, Komitmen
Organisasi”.

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Allen, Natalie. J., and John P. Meyer, 1990, The Measurement and Antecedent of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organization, Journal of Occupational Paychology, Vo.63, p.1-8.

Chandraningtyas. L., Al Musadieq dan Utami.N.H., 2012, Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasional (Studi PT. Kusuma Karya Persada), Jurnal Administrasi Bisnis, 6/2.

Dwi, Agus. P.,2018, Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Organizational Citizenship Behavior Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada PT. Pos Indonesia (Persero) Boyolali, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Farkan, Arif. U., 2014, Analisis Promosi Jabatan dan Dampaknya pada Komitmen Organisasi Karyawan di Pabrik Gula Ngadiredjo Kediri.

Fitriah. R., 2018, eprints.umg.ac.id

Ferdinand. A., 2006, Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasbuan, M.P., 2005, Manajemen Sumberdaya Manusia, Jakarta, Haji Masagung

Hadiyani. M.I,, 2013, Komitmen Organisasi Ditinjau dari Masa Kerja Karyawan, Jurnal On Line.

Handaru. A.W., Utomo. T., dkk, 2013, Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi, pada PT “X” Jakarta, Jurnal Riset Manajamen Sains Indonesia, 4(1), 116 – 135.

Martoyo, Susilo, 2007, Manajemen Sumberdaya Manusia, Yogyakarta, BPFE.

Robbins, S.P., 2007, Perilaku Organisasi, Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Administrasi. Bandung, Alfabeta.

Sutrisno, H., 2003, Metodologi Penelitian, Yogyakarta, BPFE Universitas Gajah Mada.

Siagian, P., Sondang, 2013, Manajemen Sumberdaya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.

Setiawan, Andi, 2007, Pengaruh Persepsi Keadilan Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Karyawan, Padang, Tesis Program Studi Magister Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Tariana Rejeki. R.,2016, Pengaruh Kepercayaan Atasan terhadap Kinerja dan Perilaku Kewargaan Organisasional Karyawan dengan Organisasional Based Selef Esteem sebagai Variabel Mediasi pada Guru SMA Neg. Kota Banda Acah, Online Theses & Dissertation Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics