Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Toko terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Foto Copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju

Muh. Ryan Assidiq R, Nur Fajariani, Agus Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan citra toko terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Foto Copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada usaha foto copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, sampel yang digunakan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Rumus yang dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji t, dan uji f. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan dan cirta toko berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada usaha foto copy Bima karya di Kabupaten Mamuju. Kualitas pelayanan dan cirta toko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada usah foto copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, citra toko dan kepuasan konsumen
Abstract
This study aims to determine the effect of service quality variables and store image on customer satisfaction at the Bima Karya Photo Copy Business in Mamuju Regency. The research method used is to use quantitative methods with primary data using a questionnaire. Respondents in the study were all consumers who made purchases at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency, West Sulawesi, the sample used accidental sampling technique with a sample size of 30 respondents. The formula in this study uses multiple linear regression, validity test, reliability test, multiple linear regression, t test, and f test. The results in this study indicate that service quality and store cirta have a positive and significant effect partially on customer satisfaction at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency. Service quality and store image have a significant effect simultaneously on customer satisfaction at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency.
Keywords : service quality, store image and customer satisfaction.

Full Text:

Download PDF

References


Abidin, Z. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Layanan Indihome Pada PT Telkom Kota Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Adinugroho, I., & Halim, A. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Vivo Store Kabupaten Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Alma. B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran jasa. Edisi Revisi Alfabeta Bandung.

Andrianto, N., Halim, A., & Suharlina, S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Nelayan (Studi Kasus Pada Toko Nelayan Tasiu Kabupaten Mamuju). SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Anggela, E. (2019). Pengaruh Citra Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Rizqi Mulia Pasar Kliwon Kudus (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Darmawan, K. G., Yulianthini, N. N., & Mahardikha, A. N. Y. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 74-82.

Fahtira, V. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek, Cetakan Pertama, Penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kotler, P dan Keller, K. L. (2018), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Buku 1, USA: Pearson Education.

Kotler. P dan Amstrong. G.(2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Maolani, F. M., Imaya, K. N., Anita, A., & Indah, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Fotocopy di Kota Cirebon. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3155-3163.

Marlizar. H. F, Lisnawati, dan Yuslaidar. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kota Banda Aceh, Jurnal of Economics Science 6(2), 89-99.

Naugi, Y. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Pada PT. Agrinesia Raya Bogor Jawa Barat. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1-21.

Nur’aini. E. A, Nuraina dan Murwani, J.(2013). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Sepeda Polygon Pada Cv. Rodalink Madiun, 1(2), 2337-9723.

Pearce, A, John II, Richard B. Robinson, Jr. (2014). Manajemen strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Rizki, N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Kota Banda Aceh (Studi di Kecamatan Syiah Kuala) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Rozi, F. (2020) Pengaruh Citra Toko Dan Product Signatureness Terhadap Minat Beli Ulang Produk Private Label Indomart Di Kota Jombang Abstrak.

Sihombing, Z. W. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Imam Market Kisaran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru

Tjiptono, F (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, F. (2014), Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017). Variable yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Yogyakarta.

Warnardi dan Triyono. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish Pubhliser, CV Budi Utama, Yogyakarta 55581.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya).

Wulan, N. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Cabang Utama Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari Jambi)




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics