Penerapan Sistem E-Filing Dan Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi: Peran Moderasi Pemahaman Internet

Ika Jatnika, Agus Supriyadi, Nur Siti Aisyah, R. Apit Rahmat Salamet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Disamping itu, dilakukan pula pengujian moderasi pemahaman internet atas pengaruh penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai dasar untuk mengumpulkan data. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Purwakarta yang melaporkan SPTnya. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengujian variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.2. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan sistem e-filing dan pemahaman internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Pemahaman internet juga memoderasi dengan memperkuat hubungam penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Kata Kunci : Penerapan Sistem E-Filing, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dan Pemahaman Internet.

Full Text:

Download PDF

References


Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102

Budhi, A., & Witarsana, I. G. A. G. (2022). Pengaruh Tripadvisor Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Booking Decision Tamu Domestik Di Bali. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.34013/jk.v6i2.414

Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision Support Systems, 53(1), 218-225.

Dellarocas, C., Zhang, X., & Awad, N. F. (2007). Exploring the value of online product reviews in forecasting sales: The case of motion pictures. Journal of Interactive Marketing, 21(4), 23-45.

Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23

Fajri, F. N., & R oktini, D. (2023). Pengaruh Price Discount dan Digital Service terhadap Kepuasan Konsumen Gojek di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.8829

Gunawan, H. (2021). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi Dalam Sosial Media. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i1.3456

Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.

Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121

Ibarra, L. M. F., Casimiro, J. A. J., Enciso, R. C., & Santos, S. B. (2022). Online Shopping: A Study of the Factors Influencing Consumer’s Buying Behavior in the 4th District of Nueva Ecija. Journal of Technology Innovations and Energy, 1(4), 10–18. https://doi.org/10.56556/jtie.v1i4.363

Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Makanan dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Angkringan Disiniaja Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584

Lestari, W. (2022). Analisis Perilaku Konsumen di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 2(2), 94–101.

Li, C., & Bernoff, J. (2011). Groundswell: Winning in a world transformed by social technologies. Boston, MA: Harvard Business Press.

Mustafa, M., Nurjaya, M., & Fachmi, M. (2022). Causality of Credit Distribution in Indonesian Banking. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi. https://doi.org/10.57178/atestasi.v5i1.192

Park, D. H., Lee, J., & Han, I. (2007). The effect of on-line consumer reviews on consumer purchasing intention: The moderating role of involvement. International Journal of Electronic Commerce, 11(4), 125-148.

Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, store atmosphere, dan e-wom terhadap proses keputusan pembelian (survei terhadap konsumen zenbu-house of mozaru paris van java, bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613

Smith, R. E., & Wheeler, J. R. (2002). Managing the customer experience: Turning customers into advocates. London, UK: Prentice Hall.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Utami, H. N., & Nugraha, A. (2022). Memahami Pelibatan Pelanggan di Dalam Proses Bisnis dan Pemasaran Produk Segar Pada Ritel Online. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.40420

Utami, R., & Fauzi, A. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663

Vermeulen, I. E., & Seegers, D. (2009). Tried and tested: The impact of online hotel reviews on consumer consideration. Tourism Management, 30(1), 123-127.

Waworuntu, A. Y., & Hajar, H. (2023). Brand, Promotion and Innovation: Their Impact on Motorcycle Purchasing Decisions. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(3). https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i3.105

Yin, D., Bond, S. D., & Zhang, H. (2014). Exploring the impact of online product reviews in electronic commerce. Decision Support Systems, 57, 42-50.

Zhang, X., Zhao, S. J., & Cheung, C. M. K. (2014). Measuring review helpfulness: A meta-analysis. Journal of the Association for Information Science and Technology, 65(4), 765-777.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics