Efektivitas Marketing Mix Terhadap Penjualan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan

Lusi Amelia, Cece Cece

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penjualan berperan sebagai variabel intervening dalam mengetahui efektivitas marketing mix terhadap kinerja perusahaan sektor perkebunan, khususnya PT. Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA). Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan audited PT. JAWA untuk periode 2013 hingga 2022. Penelitian kuantitatif ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Temuan analisis data menegaskan adanya korelasi yang bermakna antara strategi marketing mix dengan peningkatan penjualan yang berkontribusi pada efektivitas operasional. Perusahaan yang berhasil mengimplementasikan strategi marketing mix yang lebih optimal cenderung mencapai kinerja yang lebih baik, termasuk peningkatan profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan efisiensi operasional. Variabel penjualan berperan sebagai pengatur dalam hubungan antara marketing mix dan kinerja perusahaan. Faktor-faktor seperti inovasi produk, daya saing industri, dan variabel lingkungan juga memengaruhi kontribusi marketing mix terhadap kinerja perusahaan. Kesimpulan utama penelitian ini adalah penekanan pada pentingnya penerapan marketing mix yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mencapai kinerja optimal. Rekomendasi untuk manajemen perusahaan mencakup penguatan strategi marketing mix dengan fokus tambahan pada keberlanjutan, inovasi produk, dan diferensiasi dari pesaing. Dalam merancang strategi yang holistik, penting untuk mempertimbangkan dampak penjualan terhadap kinerja perusahaan.

Kata Kunci: Marketing Mix, Penjualan, Kinerja

Full Text:

Download PDF

References


Akbar, T. R., Lestari, D. A. H., & Nugraha, A. (2020). Analisis Bauran Pemasaran, Risiko, Dan Kinerja Keuangan Agroindustri Kopi Bubuk. 8(1), 77–84.

Assauri. (2011). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm pabrik roti alfaris bakery medan skripsi. STIE Dharma Putra, 1(Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM), 345.

Bahtiar, D., & Faraitody, D. (2022). Analysis of Company Performance and Company Value in Oil Palm Plantation Companies and Relationship With the Increase of Fry Oil Prices(Case Study of Oil Palm Plantation Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange). Agroscience, 12(1), 32–49.

Fandy, T., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. CV Andi Offset.

Ghozali, H. I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (Badan & P. U. Diponegoro (eds.)).

Hamdan, M. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Di PT. Sanbe Divisi Infus Area Purwakarta. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37726/jammiah.v1i1.150

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Penerbit Salemba Empat.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education, Inc.

Lambin, J.-J., & Schuiling, I. (2000). Market-Driven Management: Strategic and Operational Marketing.

Pratama, P. B., & Devi, S. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Manajemen Laba Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan …. JIMAT(Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 12(2614–1930), 394–402.

Riski Putri Anjayani, & Intan Rike Febriyanti. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3610–3617. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1175

Sudrartono, T. (2019). Efektivitas Strategi Bauran Pemasaran terhadap Daya Saing Produk Boneka. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 121–129.

Tasmil, L. J., Malau, N., & Nasution, M. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio terhadap Kinerja Keuangan PT.Sirma Pratama Nusa. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 131–139. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.62

Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Strategy on Improving SMEsPerformance is moderated by Technology during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 20371. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7395

Ulandari, O. (2023). Efektivitas marketing mix 4P terhadap penjualan BUMDes “Sumber Rejeki” Desa Samir Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 183–195.

Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. CV Andi Offset.

Vildayanti, R. A. (2020). Analisis Strategi Marketing Mix (4p) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta SelatanTahun 2019. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(2), 248–272.

Wibisono, D. (2007). Manajemen Kinerja Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Peusahaan. Penerbit Erlangga.

Yuliani, E. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 111. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i2.3108

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36216




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.6344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics